Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Mega Carry Laris di Jawa Timur, Suzuki Pick Up Kuasai 44,4 Persen Pasar Nasional

Ratu Sambal Bu Rudy berpose bersama Mega Carry saat acara KAWIR 2017 di main diler Suzuki UMC Surabaya

Surabaya, Otojatim.com – Persaingan ketat bisnis roda empat di Indonesia, nampaknya tidak hanya terjadi di segmen kendaraan penumpang, tapi ternyata di segmen niaga ringan atau light commercial vehichle (LCV) tidak kalah seru.

Penjualan pick up memang sedang bergairah. Apalagi menurut data Gaikindo, penjualan pabrikan ke diler (wholesales), tercatat sebesar 128.731 unit atau naik dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, yang hanya mencatat penjualan sebesar 117.471 unit.

Di segmen LCV berbahan bakar bensin, saat ini tercatat ada tiga merek yang menjadi pemain kuat di segmen ini, yaitu, Suzuki, Daihatsu dan Mitsubishi.

Di pasar LCV 1 ton, Suzuki Carry pick up saat ini tercatat masih merajai pasar nasional, dengan pangsa pasar 44,4 persen, selama periode Januari-Oktober 2017.

Menurut penjelasan Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan penjualan pick up tiap bulan terus meningkat.

Menurutnya, meski sempat turun pada periode 2015 hingga 2016,”Penjualan pick up tahun ini mulai ada perbaikan dan kami berharap tren nya tetap positif di tahun depan,” kata Setiawan belum lama ini di Surabaya.

Suzuki Carry pick up memang sudah lama dipercaya di kalangan dunia usaha, termasuk perusaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Di internal PT SIS, Suzuki Carry pick up saat ini menjadi kontributor penjualan terbesar dari seluruh model kendaraaan Suzuki yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Popularitas pick up ini membuat catatan volume penjualanya mengalahkan MPV Suzuki Ertiga dengan persentase kontribusi sebesar 40 persen.

Untuk memperkuat dominasi pasarnya, Suzuki Carry pick up yang pada Januari 2017 lalu telah melakukan penyegaran produk, dengan meluncurkan Suzuki New Carry pick up, yang merupakan bersi facelift dari model sebelumnya.

New Suzuki Carry pick up sudah dilengkapi dengan grill baru dan emblem front under guard tepat di bawah bumper, yang memberi kesan kokoh dan irit bahan bakar.

Fitur baru lainnya di pick up ini adalah Cylinder Key di kedua pintu yang menjamin keamanan mobil saat sedang diparkir. New Suzuki Carry pick up menggunakan bak lebih luas berukuran 2,2 m x 1,428 meter.

Sementara di tempat terpisah menurut keterangan Branch Manager Suzuki Buana Trada Diponegoro, Surabaya Pamungkas Wahyu, penjualan pick up di Surabaya jumlah permintaan cukup tinggi, khususnya di Mega Carry.

“Permintaan pada bulan November kita sempat kewalahan menghadapi tingginya permintaan konsumen, bahkan sampai kami sortir permintaan konsumen untuk kelas niaga, akhirnya kita coba arahkan ke Futura. Cuma kendalanya, jika kita arahkan ke Futura, nanti benturan nya ke tonase. Nah, untuk menarik minat konsumen kepada pick up Futura ada tambahan hadiah yaitu e-Mobilizer,” papar Pamungkas Wahyu.

Sebagai info saja, untuk tahun depan Suzuki menargetkan 10,5 persen untuk menguasai pasar nasional, atau naik dari tahun lalu sebesar 9,1 persen.
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen