Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Lamborghini Urus, Lamborghini Pertama Dengan Plug In Hybrid

Lamborghini


Otojatim (Bologna)- Bertempat di Bologna pada 4 Desember, Lamborghini meluncurkan apa yang mereka katakan sebagai "Since We Made It Possible". Yup, mereka resmi meluncurkan mobil SUV produksi pertama mereka  bernama Urus. Mobil ini merupakan penerus dari LM002 yang sempat dipasarkan pada 1986-1993. Berbeda dengan LM002, mobil ini tidak menggunakan mesin V8 Chrysler melainkan mesin V8  yang mampu melahirkan daya 650 dk dengan power output mencapat 163 dk/liter. Adapun power to weight rationya adalah 3,38 kg/dk dan mampu berakselerasi dari 0-100 dalam 3,6 detikan dengan top speed 305 km/jam bisa disejajarkan dengan Bentley Bentayga yang merupakan sesama SUV tercepat atau Super SUV.

Mobil ini memang secara teknis dikembangkan tidak hanya melewati laboratorium saja, melainkan pula lewat videogame Forza di Xbox. Hal itu dilakukan supaya pelanggan bisa merasakan seperti
apa berkendara dengan banteng besar berwujud super crossover ini. “Desainnya (Urus) benar-benar murni Lamborghini,” ujar Kepala R&D, Maurizio Reggiani via Autocar. Hal itu dikatakan kalau mobil versi produksi tampak lebih bagus dari wujud konsepnya. Pada garis-garis bodi terlihat lebih tegas dan bagian lampu nampak berbeda dari versi konsepnya. Beberapa bagian seperti fasia,grill dan bemper depan sangat berbeda plus adanya roof rail di bagian atap.

Meskipun menggunakan mesin V8 twin turbo berkapasitas 4000 cc lungsuran Bentley , mobil ini merupakan salah satu Lamborghini pertama yang memasang Plug In Hybrid. Sedangkan untuk platformnya menggunakan MLB yang sempat digunakan VW Touareg, Porsche Cayenne dan Audi Q7.  Bagian inteior nampak unik karena mempunyai kesan tersendiri sebagai salah satu super SUV yang bisa dipakai sehari-hari meskipun punya aura kencang seperti supercar.

Adapun Urus sendiri dipersenjatai mode berkendara bernama Tamburo. Sistem Tamburo sendiri bisa dioperasikan via tombol di kemudi plus sistem ini mempertunjukkan dua mode baru sebagai opsi offroad utamanya bernama Terra dan Sabbia. Terra bisa diaktifkan saat mobil masuk ke daerah bermedan jelek dan Sabbia diaktifkan saat mobil dijalankan di tanah berpasir. Adapun empat mode lainnya yang merupakan standar Lamborghini seperti Strada (mode normal), Sport, Corsa (mode sirkuit) dan Neve (mode berkendara di jalan salju/hujan) menjadi kelengkapan utama pada Urus. Soal harga, Urus dipasarkan dengan harga  171,429 euro untuk pasar Eropa dan USD 200,000 untuk pasar Amerika Serikat.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen