WEC Cina, Porsche Juara Dunia Di Negeri Tirai Bambu

FIA


Otojatim (Shanghai)- Meski meniyisakan 1 balapan lagi di Bahrain, ajang balap ketahanan dunia (WEC) sudah menyatakan kalau Porsche berhasil menyapu bersih kategori utama yakni LMP1 dan pebalap. Adalah Timo Bernhard, Brendon Hartley dan Earl Bamber  yang melakukannya di negeri tirai bambu, Cina pada 5 November lalu tepatnya di sirkuit Shanghai.

Menggunakan mobil bernomor 2, trio pebalap kenyang pengalaman itu berhasil duduk di  podium kedua bersama mobil no.1 yang dihuni Andre Lotterer, Neel Jani dan Nick Tandy. Mobil Porsche no.1 sendiri finish di urutan ketiga dalam balapan itu. Akan tetapi, trio Anthony Davidson, Kazuki Nakajima dan Sebastian Buemi menjadi juara seri Cina kali ini dengan mobil Toyota bernomor 8. Mestinya, mobil Toyota TS050 yang dihuni Kamui Kobayashi, Mike Conway dan Jose Maria Lopez bisa duduk di posisi podium. Hanya saja, mobil Toyota bernomor 7 ini harus mengalami karma ketika bertabrakan dengan Porsche 911 GTE bernomor 91 hingga menyebabkan ban mobil TS050 kempes. Pada akhirnya, mobil itu mampu finish keempat alias tertinggal 7 putaran dari Porsche bernomor 1.

Sementara itu di kelas GTE AM, tim Aston Martin berhasil menjadi juara seri dengan trio Paul Dalla Lana, Pedro Lamy dan Mathias Lauda. “Kemenangan kali ini sangat berarti. Setidaknya mampumeberikan jarak jelang Bahrain sebelum perebutan Juara Dunia. Tidak begitu saja menyikapinya dengan santai akan hasil ini tapi setidaknya bisa lebih mudah. Mengukuhkan 50 kali kemenangan bagi Aston Martin Racing sejak tahun 2004 menjadi kebanggaan,” ujar Lamy via Autosport.

Bagi tim prinsipal, Paul Howarth mengaku bangga dengan prestasi tim yang didirikan sejak 2004 silam. “Mengklaim kemenangan 50 kali sangat fantastis dan menjadi catatan penting di kejuaraan dunia GTE AM 2017 ini. Performa luar biasa dari Pedro, Mat dan Paul yang bisa cepat dan tanpa kendala saat balapan,” ujar Howarth. “Kini kita kembali serius untuk kembali raih hasil serupa di Bahrain untuk mengamankan titel Juara Dunia GTE Am dan memastikan V8 Vantage GTE di kemenangan akhir di kelas GTE Pro.”

Adapun tim Ford juga merengkuh juara seri kelas GTE Pro dengan jasa duet Andy Priaulx dan Harry Ticknell. Mereka mampu mengalahkan tim Porsche dengan 911 RSR yang dikemudikan Richard Lietz dan Fredrick Makowiecki. Hanya saja, gelar juara dunia kelas GTE Pro sudah berada di tangan tim AF Corse Ferrari. Tim AF Corse sendiri berhasil mengunci gelar juara dunia dengan mampu duduk di tempat ketiga dalam balapan selama 6 jam itu dengan jasa duet James Calado dan Alessandro Pier Guidi. Sementara itu, balapan di Bahrain sendiri akan berlangsung pada 18 November di Sakhir, Manama.


Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen