MotoGP Seri Akhir, Marquez Juara Dunia Keenam Kalinya di Seri Kandang

Marquez Juara Dunia
HRC

Otojatim (Valencia)- Usai sudah balapan MotoGP 2017. Peperangan antara Andrea Dovizioso (Ducati) melawan Marc Marquez (Repsol Honda) sudah berakhir di seri akhir tepatnya di Valencia, Spanyol pada 12 November.

Marc Marquez menjadi jawara dunia keenam kalinya dengan berhasil duduk di tempat ketiga pada balapan terakhir musim ini. Ia berhasil mengumpulkan 298 pada klasemen akhir joki. Joki tuan rumah ini berpesta bersama rekan setimnya yakni Daniel Pedrosa yang berhasil juara di seri terakhir. Pedrosa mengaku kalau dirinya mengalami masalah daya cengkram pada bannya hingga pada akhirnya bermain aman di menit-menit awal sampai bisa menentukan nasib di paruh akhir saat daya cengkram pada ban Michelin bisa optimal.

Joki berumur 24 tahun itu sendiri sempat hampir terjatuh saat bertempur melawan Johan Zarco (Tech 3) demi perebutan posisi pertama. Tapi dirinya berhasil selamat dari bencana dan mampu
melanjutkan balapan.

Adapun malapetaka menimpa kubu Ducati dimana Dovizioso dan Jorge Lorenzo, yang merupakan joki tuan rumah pabrikan berwarna merah itu terjatuh di paruh akhir balapan. Marquez berhasil merengkuh juara dunia keenamnya selama berkarier di balap motor dunia (1 kali di kelas 125 cc, 1 kali di kelas Moto 2 dan 5 kali di kelas para raja, Motogp).

Sementara itu, Zarco tampil memukau dengan melawan duet Repsol Honda yakni Marquez dan Pedrosa sampai pada akhirnya Joki asal Perancis ini berhasil finish kedua di balapan itu karena gagal menahan laju Pedrosa di lap akhir. Joki Perancis ini dianggap sama peformanya dengan mantan joki Perancis era `90an Regis Laconi yang sempat menggulingkan beberapa nama  besar seperti Mick Doohan dan Alex Crivile (keduanya saat itu masih bernaung di Repsol Honda). Baik Laconi dan Zarco sendiri sama-sama menggunakan Yamaha satelit sebagai tunggangannya.

Publik Spanyol merasa berbangga ketika baik Marc Marquez dan Dani Pedrosa bisa berjaya di negerinya sendiri.  Apalagi dengan sponsor Repsolnya yang merupakan perusahaan perminyakan asal Spanyol. Tapi, perjuangan keduanya belum berakhir karena pada hari Selasa (14/11), mereka akan berperang di sesi tes pramusim MotoGP 2018 yang bergulir di tempat yang sama.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen