Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Grand Prix Makau, Balapan Seru Di Gelaran Ke-63

FIA


Otojatim (Makau)- Grand Prix Makau adalah gelaran balap bergengsi sekaligus tertua yang berwujud balap jalanan di Makau, Cina. Gelaran balap tahunan ini digelar pada 1954 dan pada tahun ini sudah memasuki ajang ke-63. Soal tantangan, jangan ditanyakan karena sirkuit Guia ini bisa menjadi ancaman terberat bagi para pebalap kalau tidak waspada. Hal ini disebabkan setengah dari sirkuit sepanjang 6 km ini berada di lokasi sempit dan memiliki elevasi lumayan curam.

Ada dua balapan yang digelar di sana yakni FIA GT World Cup dan FIA F3 World Cup. Keduanya merupakan ajang piala dunia balap mobil yang diselenggarakan oleh FIA, badan permobilan dunia. Khusus untuk balap F3, sudah dimulai pada 1983 dan balapan ini menjadi sorotan para pencari bakat pebalap muda. Hal ini disebabkan mereka memantau peforma pebalap-pebalap muda ini untuk dimasukkan ke jenjang tinggi dan masuk ke tim besar. Beberapa nama terkenal pernah balapan di sini seperti juara dunia F1 Michael Schumacher, adiknya Michael yakni Ralf Schumacher, dan David Coulthard. Balap piala dunia untuk pebalap F3 ini diikuti berbagai pebalap muda dari ajang serupa (F3) sampai ajang yang tidak ada hubungannya dengan F3 (macam DTM)/ setingkat dengan F3 (macam Formula Renault).

Pada balapan pertama, Callum Ilott dari Prema berhasil berhasil menjadi jawara dengan mengalahkan dua pebalap Motopark yakni Joel Eriksson dan Sergio Camara. Dengan hasil ini, Ilott berhasil
meraih posisi terdepan dalam balapan kedua. Sementara Eriksson dan Camara harus puas start di urutan kedua dan ketiga. Dalam GP Makau ini diikuti juga anak dari Michael Schumacher yakni Mick yang harus puas finish ke-20 akibat kesalahan ketika pengereman di salah satu tikungan, padahal pebalap Jerman ini start di urutan ketujuh.

Keseruan terjadi di balapan kedua akibat aksi balapan antara Sergio Camara melawan Ferdinan Habsburg (Carlin). Kedua pebalap ini tidak mau mengalah hingga keduanya malah melintir bersamaan di tikungan akhir, hanya saja kecelakaan itu terpisah alias kedua mobil peserta tidak menabrak satu sama lain alias menabrak tembok. Kesalahan Habsburg dan Camara langsung dimanfaatkan oleh Daniel Ticktum dari Motopark untuk meraih kemenangan di balapan kedua itu. Adapun rekan setim Habsburg sekaligus pebalap akademi Mclaren F1 yakni Lando Norris berada di tempat kedua. Sementara Ralf Aron dari Van Amersfoort  berhasil finish ketiga. Sementara, Mick Schumacher berhasil menduduki posisi ke-16 setelah memperbaiki kerusakan teknis pada mobilnya.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen