F1 Brasil: Vettel Berhasil Juara GP Brasil Untuk Ketiga Kalinya, Hamilton Dapat Malapetaka

FIA


Otojatim (Sao Paulo)- Perhelatan F1 2017 mencapai titik penentuan yang digelar pada 13 November. Balapan penentuan ini berlangsung di Brasil tepatnya di Interlagos yang merupakan balapan terakhir di benua Amerika untuk F1 musim ini. F1 di negeri samba itu sudah terkenal sejak akhir era 1980`an berkat mendiang Aryton Senna, akan tetapi balapan pertamanya dimulai sebelum perang dunia kedua alias pada 1940. Balapan perdana adalah eksebisi F1 yang digelar di sirkuit Gavea yang terletak di Rio De Janeiro.

Soal Interlagos sendiri pertama kali menggelar balapan "jet darat" pada 1972 dengan layout sepanjang 7,9 km. Hanya saja, karena lintasannya yang bergelombang maka penyelenggara
merenovasi sirkuit ini dan balapan GP Brasil pindah sementara ke sirkuit Jacarepagua di Rio De Janeiro yang merupakan pengganti dari sirkuit Gavea.

Pada 1990, F1 kembali ke Interlagos yang sudah dipotong layoutnya menjadi 4,3 km saja. Hingga kini, sirkuit itu masih menggelar F1 sampai penyelenggara memperpanjang kontraknya sampai tahun 2020. Demi kelangsungan sirkuit, rencananya ada beberapa investor yang akan membeli sirkuit yang bernama lain Autodromo Jose Carlos Pace ini seperti mantan bos F1 Bernie Ecclestone. Rencananya, setelah dibeli oleh investor maka sirkuit Interlagos akan memperbaiki sarana dan prasarana balap seperti bangunan paddock baru sesuai standar FIA agar tetap berada di standar grade 1 (standar tertinggi sirkuit balap badan otomobil dunia, FIA).

Dalam balapan musim 2017, Sebastian Vettel berhasil menjadi jawara di negeri samba tersebut. Pebalap Ferrari ini meraih kemenangan ketiganya di Interlagos setelah berhasil melakukannya pada 2010 dan 2013 saat masih bergabung di Red Bull Racing. Vettel mampu melesat meninggalkan Valtteri Bottas dari Mercedes dengan gap 2,7 detikan.  Adapun rekan setim Vettel dari Ferrari, Kimi Raikkonen  berada di posisi ketiga.

Lalu bagaimana dengan juara dunia, Lewis Hamilton? Pebalap Inggris yang membela Mercedes itu finish keempat karena gagal mengalahkan laju Raikkonen. Tapi malapetaka  menimpa timnya karena pada Jumat (10/11), kawanan perampok menodongkan pistol ke beberapa kru tim Mercedes.  Tidak hanya itu juga, orang-orang penting dari FIA dan kru tim Williams juga kena imbasnya. Akan tetapi, ancaman tersebut digagalkan pihak keamanan setempat. Semoga saja, perpanjangan kontrak balapan GP Brasil sampai 2020 bisa meningkatkan status keamanan yang sangat membahayakan di Brasil yang penuh dengan tindakan kriminal macam film Fast And Furious 5.

Pada klasemen pebalap, Hamilton sudah mengunci gelar juara dunia 2017 dan mengumpulkan 345 poin. Akan tetapi, pertempuran di posisi kedua antara Vettel dan Bottas makin seru. Vettel mengumpulkan 302 poin dan Bottas sendiri 280 poin. Pertempuran keduanya akan menuju titik akhir di Yas Marina, UAE pada akhir November mendatang.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen