WRC Inggris, Ford Pesta Pora Di Kandang

FIA



Otojatim (Wales)- Pabrikan Ford ternyata pesta pora di kandangnya. Meski bukan negara Amerika yang merupakan negara kelahirannya tapi dalam kancah reli dunia (WRC), M Sport merupakan tim pabrikan Ford yang melakukannya. Di seri kandang M Sport yakni di Reli Inggris
(28-30/10), mereka melakukannya dengan dua pereli dan dua tim berbeda.

Adalah Sebastian Ogier yang meraih gelar juara dunia kelimanya setelah menggapai 215  poin berkat finish ketiga di belakang rivalnya, Thierry Neuville dari Hyundai. " Saya senang sekali bisa juara dunia musim ini" ungkap Ogier via Autoweek. " Ini tahun terberat dan kita sangat bekerja keras demi gelar ini. Sangat menakjubkan sekali bisa juara dunia bersama tim M Sport" kata pereli Perancis itu.

Sementara, pereli tuan rumah Elfyn Evans berhasil juara di kandangnya sendiri. Pereli D Mack Ford yang disokong oleh M Sport ini berhasil mengukir rekor sebagai pereli Inggris pertama yang menang di seri kandang setelah mendiang Richard Burns di 2001 dengan tim Subaru. " Saya sangat berterimakasih dengan semua yang membantu saya selama setahun ini. Tanpa dukungan kalian mungkin tidak ada kemenangan seperti ini" ungkap Evans. Berkat jasa Evans dan Ogier, Ford mampu meraih gelar juara dunia konstruktor untuk musim 2017. Ini adalah gelar perdana Ford sejak 2007 melalui Marcus Gronholm.  Evans berhasil memenangi 9 special stage dari 21 yang diselenggarakan selama 3 hari.

Posisi keempat dalam reli ini dihuni Andreas Mikkelsen dari Hyundai yang mampu mengalahkan Jari Matti Latvala dari Toyota. Pereli asal Finlandia itu finish kelima di reli ini. Adapun seri terakhir
akan bergulir 16-19 November di Australia

Hasil Reli 

1. E Evans / D Barritt GBR Ford Fiesta 2hr 57min 00.6sec

2. T Neuville / N Gilsoul BEL Hyundai i20 + 37.3sec

3. S Ogier / J Ingrassia FRA Ford Fiesta + 45.2sec

4. A Mikkelsen / A Jaeger NOR Hyundai i20 + 49.8sec

5. J-M Latvala / M Anttila FIN Toyota Yaris + 50.3sec

6. O Tänak / M Järveoja EST Ford Fiesta + 1min 02.3sec

Klasemen Pereli

1. S Ogier 215pts

2. T Neuville 183pts

3. O Tänak 169pts

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen