Toyota New Hilux, Mesin Baru Semakin Kokohkan Jati Diri Pick Up

Toyota New Hilux Semakin Macho dan Kokoh Menaklukkan medan terjal

Jakarta, Otojatim.com Segmen pick-up di Indonesia semakin tumbuh. Bahkan menggeliatnya industri tambang dan infrastruktur membuat produsen berlomba-lomba mengenalkan produk pick-up mereka. Termasuk Toyota, dimana mereka meningkatkan kinerja di segmen pick up 4x4 dengan  meluncurkan New Hilux dengan engine yang lebih kokoh.
Melalui penyegaran pada engine, Harapannya New Hilux semakin diterima dengan baik oleh pelanggan dan juga pengguna di sektor yang disebutkan diatas, setelah dalam delapan bulan pertama tahun ini (Januari-Agustus) mampu mencapai penjualan sebesar 5.698 unit atau naik 68,4% dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar 3.384 unit.
“Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, Toyota secara terus menerus melakukan penyegaran guna menghadirkan kendaraan dengan performance terbaik bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan transportasi dan gaya hidup mereka, termasuk bagi pelanggan Hilux,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Eksterior sedikit alami penyegaran
Penyegaran pada New Hilux lebih difokuskan pada line up 4x4, baik pada varian Double Cabin maupun Extra Cabin yang merupakan kontributor terbesar dari penjualan Toyota Hilux. Hingga Agustus lalu, total penjualan line up 4x4 ini sudah mencapai 3.419 unit atau naik 92,7% dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar 1.774 unit. Sementara itu  total penjualan line up 4x2 atau Single Cabin mencapai 2.279 unit atau meningkat 41,6% dibandingkan periode Januari-Agustus 2016 sebesar 1.610 unit.
“Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, penyegaran kali ini memang lebih dikhususkan untuk melengkapi kebutuhan pelanggan line up 4x4, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial,” kata Soerjo.
Eksterior New Hilux 4x4 kini tampil lebih kokoh dan emosional dimana New Hilux 4x4 tidak lagi menggunakan air scoop. Membuat tampilannya kini lebih segar dan terlihat macho. Soal dimensi, semua varian Hilux 4x4, yaitu Extra Cabin dan Double Cabin (E, G, dan V), kini mempunyai ukuran yang sama yaitu panjang 5.335 mm, lebar 1.885mm, dan tinggi 1.815mm. Bahkan menambah kesan kokoh dan emosional, kali ini New Hilux hadir dalam 5 pilihan warna, yaitu Super White II, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black Micadan Crimson Red Metallic yang sebelumnya hanya tersedia pada V grade.

Mesin sudah tinggalkan 2KD-FTV VNT?
Ternyata, Toyota sadar bahwa menghadapi euro 4 yang sebentar lagi akan diterapkan di Indonesia, tidak bisa menggunakan mesin lawas. Meskipun mesin berkode 2KD-FTV VNT dikenal tangguh terutama untuk lineup 4x4. Kini semua line up 4x4 menggunakan mesin seri yang lebih bertenaga, mesin 2GDHI menjadi mesin utama untuk varian 4x4.
Perbedaannya apa saja sih dibandingkan engine sebelumnya? Ternyata engine baru ini mampu hasilkan tenaga maksimum sebesar 149,6 PS, meningkat dibandingkan tenaga mesin sebelumnya yaitu 144 PS  dan torsi maksimum 40,8 kgm meningkat dibandingkan sebelumnya yaitu 35 kgm. Selain itu, pemakaian bahan bakar engine 2GDHI juga lebih efisien.
Dimana pergantian engine ini, dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan Hilux 4x4 di segmen private maupun komersial.  Hal tersebut dikarenakan para pengguna di segmen ini lebih menyukai kendaraan dengan power lebih besar dan desain yang lebih kokoh dan macho.
Untuk menunjang kinerja engine 2GDHI, transmisi pun turut diubah untuk meningkatkan  efisiensi penyaluran tenaga ke empat roda, yaitu mempercayakan transmisi model RC60 untuk manual dan AC 60 untuk transmisi otomatis 6-speed yang digunakan varian V.

Bagaimana dengan kaki-kaki?
Semua line up Hilux 4x4 kini menggunakan velg dan roda berukuran 265/65 R17 sehingga lebih nyaman dikendarai dalam berbagai kondisi, baik on road maupun off road.
New Hilux semakin kokoh dengan body structure dan suspensi yang dikembangkan agar mampu menahan beban berat dan mampu melewati berbagai medan berat.  Nah, untuk model ini selain suspensi dan body structure yang sudah dikembangkan.
Juga semua varian Double Cabin 4x4 sudah dilengkapi dengan differential lock agar mampu melahap berbagai rintangan jalan yang menantang. Khusus pada varian V, terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) yang fungsinya untuk mengatur kendaraan agar tidak meluncur saat turunan dan tidak mundur saat sedang menanjak.
Jadi Toyota New Hilux semakin kokoh bukan, apalagi Toyota Hilux merupakan model global Toyota yang sudah dipercaya untuk digunakan oleh pelanggan dari berbagai negara di lima benua, dari Amerika, Eropa, Afrika hingga Asia-Australia.
Dalam sejarahnya, DNA mobil ini dikembangkan dari Toyopet RK23 Truck yang diluncurkan pada tahun 1956 untuk memenuhi kebutuhan konsumen kendaraan komersial. Tahun 1959, Toyopet RK23 dikembangkan menjadi Toyopet Stout yang menjadi cikal bakal dalam pengembangan Hilux, terutama dalam bidang durabilitas.
Generasi pertama Hilux diluncurkan pada bulan Maret 1968 dan mendapat sambutan yang baik dari konsumen. Sampai saat ini Hilux sudah memasuki generasi ke delapan dan pengembangannya berada di bawah IMV (Innovative International Purpose Vehicle) yaitu proyek yang dikembangkan Toyota untuk menghadirkan kendaraan pick-up dan multiguna untuk memenuhi permintaan pelanggan di lebih dari 140 negara.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi