Peugeot L750R, Gabungkan Dua Balapan Demi Lahirkan Mobil Baru


Peugeot


Otojatim (Coventry)- Dahulu kala, ada mobil balap bernama L45 yang dikemudikan oleh pebalap Dario Resta di tahun 1916. Mobil balap ini meraih kecepatan rata-rata sebesar 135 km/jam di
balapan Indy 500 1916 dan mobil itu meraih kemenangan bagi Peugeot untuk pertama kalinya di ajang prestisius itu. Pada 100 tahun kemudian, mobil itu dibangkitkan lagi dengan wujud baru bernama Peugeot L500R Hybrid di bulan Mei 2016.

L500 R hanya tampil di video game Gran Turismo 6 sebagai mobil Vision GT. Vision GT adalah ajang adu kreasi mobil konsep antar pabrikan mobil ternama demi dimainkan oleh pemain di game tersebut. Setahun telah berlalu, Polyphony Digital selaku pembuat game balap tersebut akan merilis sekuel terbarunya bernama Gran Turismo Sport pada bulan Oktober ini.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peluncuran game balap populer ini, Peugeot juga menampilkan mobil baru yang merupakan salah satu Vision GT terbaik mereka bernama L750R. Mobil ini merupakan penyempurnaan dari L500 R Hybrid.

Peugeot
L750R menggunakan bahan karbon fiber sebagai bahan untuk pembuatannya. Adapun wujud mobil ini seakan menggabungkan dua ajang balapan yakni balap formula dengan balap ketahanan. Aura balap formula tersaji pada bagian depan yang lebih runcing dan mirip mobil Formula E dan bagian samping sampai belakang memiliki desain dari mobil balap ketahanan. Banyak orang menganggap kalau mobil ini akan menjadi mobil balap penerus dari 908, mobil yang meraih 20 kali kemenangan selama berkarier sejak 2007-2011.

Adapun untuk dapurpacunya menggunakan mesin bensin yang belum diketahui konfigurasinya. Mesin itu mencetak tenaga 580 dk dan mesin inipun menggunakan motor listrik berkekuatan 170 dk dengan berkeuatan baterai lithium ion. sehingga tenaga keseluruhannya adalah 750 dk sebagai tenaga gabungan antara mesin bensin dengan motor listrik. Transmisinya menggunakan 7 percepatan sekuensial yang ditaruh di bagian belakang mobil dan akselerasi mobil ini setara mobil F1 yakni 0-100 km/jam dalam 2,4 detikan.

Adapun untuk suspensinya menggunakan independen yang bisa disetel sesuai ketinggian mobil. Adapun untuk sistem pengereman menggunakan cakram berbahan karbon yang ringan plus sistem hidraulis dual circuit yang bisa memaksimalkan kemampuan pengereman. Untuk bobot mobil, L750R ini memiliki bobot 825 kg alias lebih ringan 175 kg dari L500R.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen