MOCI Adakan Trackday Sebagai Pelampiasan Nafsu Kebut Mobil

Adinata Pramadya


Otojatim (Sentul)- Balap liar, adalah penyakit masyarakat yang susah diobati. Ajang Sunday Morning Ride misalnya, sudah tidak bisa dianggap sebagai ajang kumpul motor biasa dan sering menjadi kedok untuk aksi balap liar di pagi hari. Pemain-pemainnya sering berkumpul di kawasan-kawasan tertentu dan sering mengganggu bahkan melukai warga sekitar akibat aksi balap ilegal.

Berbanding terbalik dengan pemain mobil dimana mereka jauh lebih maju dengan kumpul-kumpul sambil "lari pagi" memanaskan mobilnya tapi tidak membalap liar. Kalau sudah ekstrim, maka jawabannya adalah trackday atau time attack di sirkuit. Adalah komunitas M Owners Club Indonesia
(MOCI) yang melakukannya pada 30 September lalu di Sentul.

Tahun ini saja, mereka tidak hanya melakukan trackday betulan. Tapi mereka juga melakukannya di game simulator Asseto Corsa sebagai pengenalan bagi calon pebalap pemula. Mereka menamai acara ini dengan nama MOCI Racing Academy. Komunitas BMW tidak biasa ini tidak mengutamakan turing maupun kumpul-kumpul biasa sebagai langkah silaturahmi antar member, mereka malah melakukan tur ke luar negeri seperti ke BMW Korea untuk mencoba M Expirience di Incheon.

Sebanyak 70 starter hadir di trek sepanjang 4 km ini. Tidak hanya melakukan track day, ada juga drift session dan corner session dimana inti yang sebenarnya yakni sebagai uji skill antar member MOCI dengan BMW M mereka dilakukan pada beberapa tikungan sirkuit. “MOCI Racing Academy dimulai atas inisiatif kami untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan meningkatkan keamanan jalan secara keseluruhan. Kami mendukung dan selalu berusaha untuk memberikan edukasi tentang perilaku berkendara yang aman kepada semua anggota kami, sebagaimana tercermin dalam konvoi dan berbagai kegiatan kami,” terang Presiden MOCI, Sonny H. Chuihairy.

“Saya sangat senang karena acara ini telah berhasil memenuhi tujuannya dalam mengasah kemampuan berkendara anggota BMW M Owners Club Indonesia dan memperbaiki perilaku mengemudi mereka, juga memperkuat persaudaraan kami sebagai komunitas dan juga hubungan kami dengan komunitas lain.” Time Attack adalah acara terakhir yang mereka lakukan di Sentul itu dimana beberapa member mencetak waktu terbaik di Sentul bersama pelatih balap kawakan macam Sunny TS, Gerrald dan Jimmy Lukita yang merupakan pebalap aktif ISSOM. Ajang ini sangatlah positif bagi mereka yang ingin mencoba mobil sportnya di lintasan sirkuit dengan cara berbeda tanpa melakukan balap liar di jalanan.  Rencananya ada 2 seri lagi yang akan bergulir dari  8 seri di tahun ini.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen