Mitsubishi FUSO Gandeng Daimler Luncurkan Truk Heavy Duty Bertenaga Listrik


Mitsubishi Fuso menggandeng Daimler untuk kembangkan truk heavy duty E-FUSO Vision One



Otojatim.com (Tokyo) -  Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), di bawah naungan Daimler Truck Asia, memperkuat komitmennya dimana FUSO mengumumkan rencananya untuk mengembangkan seluruh jajaran truk dan bus bertenaga listrik dalam beberapa tahun mendatang. 

Bertepatan dengan Tokyo Motor Show 2017, MFTBC melansir merk terbarunya E-FUSO dan menjadi pabrikan pertama yang melansir sebuah merk khusus yang didedikasikan untuk truk dan bus bertenaga listrik, Kamis (27/10).

MFTBC menampilkan truk konsep heavy-duty yang memiliki jarak tempuh hingga 350 km. Truk ini diberi nama E-FUSO Vision ONE.

Peluncuran E-FUSI Vision One menandai akhir dari proses dimana perusahaan akan mulai beralih ke tenaga listrik dalam beberapa waktu mendatang. Investasi dan juga akses pada Daimler Network untuk teknologi baterai serta pengisian daya akan mendukung strategi ini, dan menjadikan E-FUSO sebagai truk listrik terdepan.

“Melalui E-FUSO Vision ONE, ini merupakan gambaran kami terhadap truk heavy-duty bertenaga listrik, kami kembali menjadi yang terdepan dalam hal kendaraan niaga bertenaga listrik. Satu bulan semenjak peluncuran eCanter – seri produksi pertama truk bertenaga listrik – di New York, membuktikan komitmen kami untuk mengembangkan tenaga listrik pada seluruh jajaran truk dan bus, mulai dari truk ringan hingga truk berat. Sebuah komitmen berkelanjutan dengan peluncuran E-FUSO – sebuah merk yang secara eksklusif didedikasikan untuk truk dan bus bertenaga listrik,” ujar Marc Listosella, President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation and Head of Daimler Trucks Asia dalam siaran persnya.

Seri produksi pertama dari truk listrik “eCanter” telah dikirimkan kepada konsumen pertama di Jepang: Seven-Eleven dan Yamato Transport Japan

“Dengan eCanter, kami membuktikan bahwa truk listrik sangat layak untuk digunakan untuk kebutuhan komersil. eCanter kami dapat mengemat hingga 1000 Euro per 10.000 km untuk biaya operasionalnya. Dan dengan perkembangan teknologi baterai yang begitu cepat,  kami akan terus mengembangkan truk dan bus bertenaga listrik yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi di masyarakat,” tambah Listosella.

E-FUSO Vision ONE memiliki GVW 23.26 ton dan payload 11.11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari rekan dieselnya. Truk ini dapat beroperasi dengan jarak tempuh hingga 30 km dalam sekali pengisian daya. Sementara truk listrik jarak jauh masih membutuhkan waktu untuk uji kelayakan secara teknis, penggunaan truk heavy-duty E-FUSO Vision ONE dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.

E-FUSO Vision One merupakan pengembangan dari eCanter yang memiliki daya angkut di bawah E-FUSO, yakni sebesar GVW 7,5 ton dan berjarak tempuk tempuh 100-200 km dalam sekali pengisian daya.

Selain E-FUSO Vision ONE, MFTBC juga menampilkan eCanter, truk light-duty bertenaga listrik, yang baru-baru ini diluncurkan di kota New York.





Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen