Juara Dunia Lagi, Antonio Cairoli Test MotoGP

KTM Motogp

Otojatim (Valencia)- Jika para pebalap MotoGP bermain motocross sebagai sarana latihan jelang balapan digelar. Maka berbeda
dengan orang ini. Antonio Cairoli adalah juara dunia Motocross (MXGP) dari tim KTM.

Lahir pada 32 tahun lalu di Italia, ia memulai kariernya dengan menjuarai kejuaraan nasional (kejurnas) minimotocross dua kali berturut-turut. Setelah itu, peforma bagusnya di kejurnas langsung di tampung ke kubu Yamaha dalam MXGP musim 2004. Selama berkariernya di Yamaha, dua kali Cairoli juara dunia MX2 (setara Moto2 di MotoGP), 1 kali posisi kedua di 2006 dan 1 kali posisi ketiga saat debut perdana di 2004.

Pada 2009, joki bernomor 222 ini berkarier di MXGP dengan langsung meraih juara dunia. Di tahun itu pula dirinya meninggalkan Yamaha dan langsung menuju KTM di musim 2010. Sejak 2010-2014, dirinya menjadi penguasa di MXGP hingga di 2015 pernah menurun peformanya karena duduk di posisi ketujuh klasemen. Musim lalu, dirinya bangkit dengan duduk di posisi kedua sampai pada musim ini menjadi juara dunia lagi. Total 83 seri dan 163 balapan dia kuasai, Cairoli bisa dianggap Valentino Rossi-nya motocross.Ia juga menjadi teman baik Rossi ketiga bermain motocross di Tavulia, San Marino yang notabene rumahnya joki berjuluk Dokter ini.

Karena menjuarai MXGP musim ini, ia mendapat kesempatan test motor KTM MotoGP di Valencia. Cairoli menggunakan KTM RC16 yang menggunakan spakbor motocross, maklum ia adalah juara balap tanah itu selama 9 kali. Cairoli nampak senang bisa menggeber RC16 dengan kecepatan tertinggi 300 km/jam. Ini bukan pertama kalinya Cairoli menggeber motor MotoGP, saat masih berseragam Yamaha ia menunggang YZR M1 milik Rossi di tahun 2008.

Soal KTM, pabrikan berwarna oranye ini telah memperpanjang kontrak Bradley Smith dan Pol Espagaro untuk musim depan. Selain itu pula, Mika Kalio masih didapuk menjadi tester KTM selama musim depan. Mereka berharap motor mereka akan lebih baik dari musim ini supaya bisa kompetitif dengan motor-motor kuat seperti Ducati Desmosedici dan Honda RC. 

 
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen