Ferrari 812 Sudah Mengaspal Di Tanah Air, Aventador Harap Minggir

Adinata Pramadya


Otojatim (Jakarta)- Para pemakai Lamborghini Aventador harus minggir dulu, sebab rival terbarunya sudah mendarat di Indonesia. Hari ini (24/10), di gedung MRA, Jakarta Selatan yang merupakan markas dari Ferrari Jakarta telah diluncurkan 812 Superfast. Mobil ini adalah penerus dari F12 yang sudah tidak dilanjutkan lagi produksinya pada 2018 mendatang.

Melihat wujudnya, mobil ini merupakan gabungan dari F12 dan F12 TDF (varian tercepat dari F12). Memang secara dimensi bodi nampak sama tapi ada beberapa hal yang berbeda di dalamnya. “Kami dengan bangga memperkenalkan Ferrari terkuat dan tercepat sepanjang sejarah, 812 Superfast, untuk pecinta Ferrari di Indonesia. Model terbaru ini dapat dipastikan menjadi mobil V12 bermesin depan terbaik di Indonesia saat ini,” kata CEO Ferrari Jakarta, Arie Christopher.

Ferrari 812 sudah menggunakan mesin V12 terbaru berkapasitas 6500 cc. Untuk tenaga sendiri melebihi Lamborghini Aventador SV (750 dk) yakni 800 dk dengan torsi 718 nm.  Untuk akselerasi
dari 0-100 km/jam adalah 2,9 detik, hanya saja angka ini 1 detik lebih lambat daripada Aventador SV tapi kecepatan puncaknya adalah 340 km/jam.

Guna mengalahkan kekuatan dari ‘Lamborghini Dinamica Veicolo Attiva’ (LDVA) yang merupakan sumber kehandalan handling Aventador, maka 812 dibekali sistem Electric Power Sterring (EPS) dan sistem Virtual Short Wheelbase 2.0 demi membuat rasio putar stir lebih baik berkat rear wheel steering. "Semua terintegrasi dengan dinamika sistem kontrol kendaraan, dengan dasar Side Slip Control (SSC) versi 5.0. Fungsinya meningkatkan kelincahan dan waktu respon kemudi," pungkas Arie.

Hanya saja, mobil ini berdesain serupa dengan F12 meski beberapa bagian nampak berbeda seperti adanya garis tegas demi memberikan kesan gahar di mobil hingga desain siluet fastback demi menciptakan aksen aerodinamika pada 812. Adapun bagian buntut kendaraan dikombinasikan dengan garis horizontal dengan penutup bagian bawah bodi dan sayap berteknologi aerodinamic by pass.

Meski akan dibanderol setara dengan Aventador SV (Rp 13 milyar), tapi diyakini akan ada beberapa penggunanya di Indonesia. Hal itu dimaklumi karena F12 sangat digandrungi oleh pemiliknya sampai ada beberapa unit dimodifikasi menjadi keren sampai ada 3 unit adalah versi TDF yang merupakan versi peforma tinggi dari F12. “Antusiasme masyarakat Indonesia sangat tinggi sejak peluncuran 812 Superfast di Geneva Motor Show 2017. Supercar ini mampu menyedot minat konsumen setia dan konsumen baru Ferrari,” tutup Arie.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen