F2 Spanyol, Charles Leclerc Berhasil Juara Dunia Di Balapan Kacau Balau

FIA


Otojatim (Jerez)- Berhasil menggelar ajang balap motor dunia seperti MotoGP, membuat sirkuit Jerez di Spanyol terkenal  seantero dunia sebagai stadion balap motor paling makmur. Akan tetapi tidak di arena balap mobil karena pada 7-8 Oktober lalu saat digelarnya balap Formula 2 perdana di sana, ketidakprofesionalitas penyelenggara terlihat dalam dua balapan yang dilaksanakan.

Meskipun begitu, Charles Leclerc menjadi kampiun musim 2017 berkat memenangi balapan pertama. Pebalap Prema ini berhasil menahan musuh-musuhnya seperti Oliver Rowland dari Dams dan rekan satu tim Charles yakni Antonio Fuoco dengan bantuan backmerker. Hal ini terjadi akibat backmarker tidak melihat bendera biru yang biasa dikibarkan marshall, aneh memang padahal backmarker harus mengalah ketika pebalap posisi terdepan harus mendahului mereka tapi backmarker ini tetap saja menahan pebalap posisi terdepan. Kekacauanpun juga terjadi ketika pada prosesi podium lagu kebangsaan Monako yang merupakan negeri kelahiran Charles malah di gantikan oleh lagu kebangsaan Perancis oleh penyelenggara.

Pada balapan kedua, Antem Markelov berhasil memenangkan lomba ketika mampu melarikan diri dari kejaran duet pebalap Dams yakni Nicholas Lativi dan Rowland. Lativi dan Rowland sempat berduel sengit di paruh akhir balapan hingga keduanya tetap duduk di podium. Kembali lagi, masalah profesionalitas penyelenggara terjadi ketika safety car berwujud supercar Porsche 911 RSR mogok sebelum balapan dimulai hingga memberikan waktu lumayan lama untuk melakukan start di balapan kedua ini.

Bagaimana dengan Sean Gelael? Pebalap tim Arden ini mengalami masalah adaptasi dengan lintasan sehingga dirinya hanya mampu "jalan di tempat" alias di dua balapan yang digelar duduk di posisi ke-16 saja. Beberapa pebalap akan turun pula di F1 Amerika Serikat dan Meksiko sebagai test driver seperti Sean Gelael dan Charles Leclerc. Seri terakhir dari F2 akan berlangsung pada 24 - 26 November 2017 di Abu Dhabi, UAE.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen