F1 Malaysia, Max Verstappen Menang F1nale

Red Bull Racing


Otojatim (Sepang)- Memasuki musim hujan, adalah inti dari bulan Oktober. Hal itu terjadi saat gelaran terakhir F1 di Malaysia yang dikenal dengan F1nale pada 1 Oktober ini. Para pebalap menghadapi sirkuit Sepang, Malaysia dalam keadaan basah kuyup.

Melalui strategi pitstop dan pemilihan settingan mobil terbaik, Max Verstappen berhasil memenangi balapan terakhir untuk negeri Jiran ini. Pebalap Red Bull ini berhasil mengalahkan calon juara dunia dari kubu Mercedes yakni Lewis Hamilton dengan gap 12 detikan. Anak dari mantan pebalap F1 Jos Verstappen ini meraih kemenangan ke-2nya sepanjang karier balap bersama Red Bull Racing setelah mengalami 7 kali gagal finish, 1 kali podium dan 6 kali finish top-10 di musim ini. Max meraih kemenangan sebagai hadiah ulang tahun ke-20.

Sementara itu, rekan setim Max yakni Daniel Ricciardo berhasil finish ketiga dengan menahan Sebastian Vettel. Pebalap Ferrari itu sempat mengalami kerusakan turbo di mobilnya dan memutuskan start terbelakang di balapan hari ini. Alhasil dengan strategi pemilihan settingan mobil maka Vettel bisa merangsak naik dan menambah poin supaya bisa mendekati Hamilton di klasemen pebalap. Sialnya, mobil Vettel malah dihajar oleh mobil Lance Stroll ketika balapan sudah usai. Pebalap Williams ini tak sengaja menabrak mobil pebalap Jerman ini dan bagian belakang dari mobil Vettel langsung berantakan. Vettelpun menumpang mobil Sauber milik Pascal Wehrlein. Wehrlein sendiri finish ke-17 dan Stroll sendiri finish ke-8 di balapan tersebut.

Kerusakan pada turbo malah terjadi di mobil Ferrari milik Kimi Raikkonen sehingga rekan setim Vettel itu tidak bisa balapan alias gugur lebih awal. Masalah mesin menimpa pebalap Toro Rosso yang musim depan akan hijrah ke kubu Renault, Carlos Sainz sehingga dirinya mengikuti jejak Raikkonen yang gugur.

Raihan 281 poin adalah angka yang dimiliki oleh Lewis Hamilton pada klasemen balapan hari ini. Ia memimpin lumayan jauh (34 poin) dari Vettel yang hanya duduk di posisi kedua dengan 247 poin. Adapun Valtteri Bottas yang merupakan rekan setim dari Hamilton berhasil finish kelima di balapan ini tetap duduk di tempat ketiga klasemen pebalap dengan 222 poin. Balapan selanjutnya akan bergulir di Suzuka, Jepang pada 8 Oktober mendatang.

Hasil Lomba

1.     Max Verstappen     Red Bull     56 laps - 1:30:01,290   
2.     Lewis Hamilton     Mercedes     + 12,770s   
3.     Daniel Ricciardo     Red Bull     + 22,519s   
4.     Sebastian Vettel     Ferrari     + 37,362s   
5.     Valtteri Bottas     Mercedes     + 56,021s   
6.     Sergio Pérez     Force India     + 78,630s   
7.     Stoffel Vandoorne     McLaren     + 1 lap   
8.     Lance Stroll     Williams     + 1 lap   
9.     Felipe Massa     Williams     + 1 lap   
10.     Esteban Ocon     Force India     + 1 lap   
11.     Fernando Alonso     McLaren     + 1 lap   
12.     Kevin Magnussen     Haas     + 1 lap   
13.     Romain Grosjean     Haas     + 1 lap   
14.     Pierre Gasly     Toro Rosso     + 1 lap   
15.     Jolyon Palmer     Renault     + 1 lap   
16.     Nico Hülkenberg     Renault     + 1 lap   
17.     Pascal Wehrlein     Sauber     + 1 lap   
18.     Marcus Ericsson     Sauber     + 2 lap
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen