F1 Jepang, Hamilton Juara Dunia 2017

FIA


Otojatim (Mie)- Raut kegembiraan tercurah dari kubu Mercedes takala mereka menguasai musim balap 2017 dengan meraih juara dunia konstruktor dan pebalap. Adalah Lewis Hamilton yang melakukannya pada 8 Oktober ini di GP Jepang.

Dalam balapan selama 53 putaran ini, Hamilton diuntungkan dengan gagalnya Sebastian Vettel (Ferrari) yang merupakan rival dalam perebutan juara dunia akibat kerusakan bagian busi mesin.
Meskipun begitu, pebalap Mercedes ini tampil bukannya tanpa kendala karena bagian ban mobilnya mengalami getar hebat di paruh akhir balapan. Hamilton bukan tanpa perlawanan karena ia harus menahan seorang Max Verstappen dari Red Bull Racing.

Sirkuit Suzuka yang berliku-liku dan berkarakter medium speed memusnahkan kemenangan perdana Verstappen di GP Jepang 2017. Dengan gap sebesar 1,2 detikan membuat Hamilton berhasil juara
di negeri Sakura untuk ke-4 kalinya alias menyamai rekor kemenangan Vettel disirkuit sepanjang 5,8 km itu. Ia juga membuat kemenangan keempat bagi kubu Mercedes di sirkuit itu alias menyamai kemenangan kubu Red Bull yang menang dari tahun 2009-2010 dan 2012-2013 juga berkat Vettel.

Meskipun kubu Red Bull gagal meraih kemenangan kelima di Suzuka, tapi Verstappen dan Daniel Ricciardo berhasil duduk di podium kedua dan ketiga di balapan ini. Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas sendiri finish keempat di balapan ini dengan memperbesar gap dari lawannya, Kimi Raikkonen. Menjadi satu-satunya pebalap Ferrari yang tersisa setelah gugurnya Vettel akibat kerusakan busi mobil, Raikkonen mampu finish kelima di balapan ini. Pada posisi klasemen pebalap, Hamilton tidak terkejar dari Vettel dan meraih gelar juara dunia pebalap karena mengantongi 306 poin sementara Vettel sendiri mengantongi 247 poin.  Posisi Vettel semakin terancam oleh peforma apik Bottas yang mengumpulkan poin sebanyak 234. Adapun Daniel Ricciardo duduk di posisi keempat dengan 192 poin dan Kimi Raikkonen mengantongi 148 poin alias
duduk di posisi kelima.

Tidak hanya Vettel yang gugur, ada Carlos Sainz dari Toro Rosso yang mengalami kecelakaan sehingga pebalap yang akan hijrah ke Renault ini tidak melanjutkan balapan. Pascal Wehrlein-Marcus Ericsson (Sauber), Lance Stroll (Williams) dan Nico Hulkenberg (Renault) adalah beberapa pebalap yang gugur di balapan ini akibat masalah teknis pada mobil mereka. Balapan selanjutnya akan bergulir di Amerika Serikat pada 22 Oktober di Austin, Texas.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen