F1 Amerika Serikat, Lewis Hamilton Kuasai Negeri Koboi Untuk Ke-6 kalinya

Mercedes AMG F1


Otojatim (Texas)- Mungkin inilah salah satu seri tertua di luar Eropa untuk gelaran F1. Adalah Grand Prix Amerika yang digelar pada 22 Oktober 2017 yang bergulir di Sirkuit Austin, Texas. Mengapa disebut tertua? Karena balapan ini dibuat oleh William Kissam Vanderbilt
pada 1908. Akan tetapi, gelaran balap ini sempat terganggu oleh perang dunia pada 1917-1957 dan kurangnya lintasan yang layak untuk menggelar balap mobil F1.

Pada era grand prix modern, hanya ada 2 sirkuit yang menggelar Grand Prix Amerika yakni Indianapolis dan Austin ini. Indianapolis sendiri pertama kali menjadi host dari tahun 2000 sampai berakhir pada 2007. Pada 2011, Herman Tilke yang pernah membuat sirkuit macam Sepang (Malaysia) dan Yas Marina (UAE) membangun sirkuit Austin ini sebagai tempat satu-satunya untuk menggelar balap jet darat ini di negeri para koboi. Tidak hanya itu juga, gelaran MotoGP berpindah tempat dari Laguna Seca ke Austin karena lebih aman sekaligus lebih cepat demi mematok top speed pada motor mereka.

Dalam balapan yang berlangsung pada pukul 2.30 pagi (waktu Indonesia Barat) ini dimenangi oleh Lewis Hamilton. Ia berhasil mengasapi rival terdekatnya, Sebastian Vettel dari Ferrari dengan gap 10,143 detik. Kemenangan ini merupakan yang ke-6 bagi pebalap Mercedes itu dan ke-5 di sirkuit sepanjang 5,5 km ini. Hamilton meraih hasil bagus ini dengan strategi pitstop di pertengahan lomba.

Adapun rekan setim Vettel yakni Kimi Raikkonen malah bertempur sengit melawan Max Verstappen (Red Bull) dan rekan setim Hamilton di kubu Mercedes yakni Valterri Bottas. Hanya saja, Verstappen melakukan tindakan nakal dengan memotong tikungan di lap akhir sehingga pebalap Belanda itu dihukum 5 detik dan dirinya duduk di tempat keempat. Dengan itu, Raikkonen berhasil duduk di posisi ketiga dan Bottas duduk di tempat kelima.

Pada klasemen sementara, Hamilton masih memimpin dengan 331 poin. Pebalap Inggris ini terpaut 66 poin dari Vettel yang mengumpulkan 265 poin alias duduk di posisi kedua. Bottas dengan 244 poin harus duduk di tempat ketiga. Melalui jasa Hamilton pula, Mercedes berhasil meraih juara konsrtuktor musim 2017 sekaligus yang ke-4 sejak 2014 silam alias sejak dimulainya era mesin V6 twin turbo di F1.

Pada 29 Oktober mendatang, akan ada acara amal saat Grand Prix Meksiko digelar di sirkuit Hermanos Rodiguez, Mexico City. Hal ini dilakukan demi menghormati korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di bulan September lalu.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen