Debut BMW M5 Sebagai Mobil Pengaman Dimulai Lebih Awal

BMW 



Otojatim (Valencia)- Setelah debut perdanannya di game Need For Speed Payback, maka BMW M5 terbaru siap tampil lagi di kesempatan lain. Adalah M5 Safety Car yang akan debut perdana lebih cepat di seri akhir MotoGP di Valencia pada November mendatang.

Pada prinsipnya, cara kerja mobil pengaman di balap motor tidak serumit di balap mobil. Mobil ini meluncur untuk mengecek lintasan sebelum para joki melintas dan mengamankan kondisi lintasan ketika terjadi kecelakaan maupun cuaca buruk. "Safety Car untuk MotoGP punya banyak tantangan. Safety Car penting untuk memandu prototipe balapan performa tinggi yang unik dengan aman melalui segala macam kondisi," ungkap Frank van Meel selaku President of BMW M GmbH seperti ditulis oleh situs netcarshow.com. Ia menjelaskan kemudian, inovasi teknologi balap adalah yang terpenting dalam hal ini dan BMW M5 punya basis sempurna untuk safety car dengan bekal kendali terbaik untuk kedinamisan berkendara. "Pengembangan terus dilakukan di MotoGP, yang selalu melampaui batasan. Prinsip sama juga berlaku di BMW M GmbH dan M5 baru untuk safety car menjadi contoh terbaik dalam tujuan kami menggapai inovasi dan tingkat tertinggi dari performa," ujarnya.

BMW


Bagian mesin memang tidak ada perubahan dari versi standarnya. Mesin V8 twin power turbo berkapasitas 4400 cc mampu melahirkan daya 600 dk dan memiliki torsi 750 nm. Untuk transmisinya menggunakan 8 percepatan M Steptronic plus teknologi Drivelogic yang mampu meraih akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,4 detikan. Untuk penggeraknya adalah AWD (gerak semua roda) M Xdrive, dimana teknologi ini bisa memaksimalkan kemampuan handling dari M5 ini ketika melaju
di jalan raya dan sirkuit. Sementara itu, beberapa bagian mobil ini menggabungkan bahan plastik CFRP dan karbon fiber supaya mendapat bobot seringan mungkin.

Seperti halnya M5 lainnya, mobil ini dibekali aerokit M Peformance dimana sudah terpasang komponen penunjang aerodinamika seperti side sills, diffuser belakang, spoiler belakang, kidney grille dan tutup kaca spion. Untuk sistem knalpot sudah memakai bahan titanium dengan corong berbahan karbon. Lalu mobil ini sudah dipasangkan strobo dan sirene sebagai piranti utama mobil pengaman. Untuk livery sendiri sangat konservatif dengan paduan warna dasar putih bercampur corak hitam, biru dan merah.  Nantinya livery ini akan dipakai juga di M8 GTE yang merupakan versi balap dari BMW M8. M5 Safety Car akan melakoni semusim penuh menggantikan M4 Safety Car di MotoGP 2018.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen