Bukan Hanya Kembangan Ban yang Membantu Cengkeraman saat Hujan, Apa Saja?

Jakarta, Otojatim.com - Musim hujan membutuhkan persiapan ekstra dalam berkendara. Salah satu faktor krusial adalah memperhatikan ban yang digunakan, karena dialah satu-satunya komponen yang menghubungkan mobil dengan aspal.

Dikutip dari Liputan6, Zulpata Zaenal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi performa ban di jalan yang basah, yaitu compound dan kembangan (patern) ban.

"Keduanya sama-sama penting, tidak bisa hanya memilih pattern saja, karena pattern mudah untuk ditiru, tapi compound ban tidak bisa ditiru," ungkap Zulpata.

ban terbaik saat hujan
Foto: speednik.com
Lalu bagaimana cara memilih compound yang pas untuk musim hujan?

"Biasanya produsen ban memberikan info tentang ban yang paling baik untuk kondisi tertentu. Compound terbaik untuk kondisi jalan basah adalah yang mengandung aqua compound."

Lantas ia menjelaskan, semua ban Bridgestone untuk passenger car sudah dilengkapi aqua compound.

"Misalkan pada Bridgestone tipe Potenza, Turanza, Ecopia maupun Techno," jelasnya.

Baca juga:
Ada beberapa jenis kembangan ban yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam artikel ini diulas 3 jenis kembangan  yang umum ditemui pada ban mobil.

ban kembangan standar
Pattern konvensional, performa standar
Pattern searah, kemampuan membuang air lebih baik dari kembangan konvensional
Kembangan asimetris, performa terbaik untuk jalan kering dan basah
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen