Suzuki Ignis Kuasai Pasar Jawa Timur, Sukses Mengkudeta Honda Brio

Penjualan Suzuki Ignis Jawa Timur
Suzuki Ignis kuasai market pasar otomotif di segmen city car, menggeser Honda Brio yang sekian lama mendominasi

Otojatim.com (Surabaya) – Kehadiran Suzuki Ignis benar-benar menjadi fenomena kendaraan di kelas city car, baik secara penjualan nasional maupun penjualan otomotif Jawa Timur.

Bagaimana tidak Suzuki Ignis bisa menumbangkan penjualan Honda Brio dari puncak, karena sampai Agustus 2017 menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Ignis sudah terjual secara nasional sebanyak 8.280 unit, dengan perolehan market share sebesar 48,8 persen.

Dari jumlah tersebut, maka dominasi Honda Brio yang selama ini menguasai segmen teratas city car, kini diambil alih oleh Ignis. Honda Brio kini menempati posisi kedua dengan perolehan market share sebesar 36 persen, dengan total penjualan nasional 7.920.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W, Donny Saputra mengatakan saat dihubungi Otojatim Selasa (20/9), kalau angka dari GAIKINDO tersebut belum sepenuhnya final.
Karena data tersebut diambil pertengahan Agustus 2017, sementara masih ada sekitar 1.500 unit sampai dengan akhir Agustus 2017 yang belum dimasukkan.

“Sampai dengan Desember 2017 kita masih bisa tambah sampai 7.000 unit, jadi total sampai dengan akhir Desember 2017 sebanyak sebanyak 15.000 unit,” kata Donny.

Hal senada pun disampaikan dalam jumpas pers di GIIAS Surabaya Auto Show 2017 Selasa (20/9) oleh Sales & Marketing Director PT United Motors Centre (UMC), Fredy Teguh Prasetyo, Suzuki Ignis sampai saat ini masih menjadi barometer dan kontributor kedua setelah Ertiga di pasar Jawa Timur.

“Apalagi dalam satu bulan ini kita sudah punya type baru yaitu, Ignis GL L Matik. Ini yang membuat kita cukup percaya diri, bahwa Ignis kedepannya akan menjadi salah produk penjualan terbesar di kelas city car,” jelas Fredy.

Baca juga:
Ketika ditanya tentang penjualan sampai dengan Agustus 2017 untuk pasar Surabaya, Wahyu Sudrajat, Operasional Manager PT Suzuki Buana Trada Jatim menjelaskan lebih detil.

“Untuk pasar Jawa Timur, Suzuki Ignis sudah kami lepas sejak bulan Mei 2017, hampir 600an unit berdasarkan STNK. Perkirakan kita, yang sudah beradar total di Jawa Timur sebanyak 800an unit dan hampir 60% penjualan Ignis itu ada di Surabaya,” jelas Wahyu.

Suzuki Ignis yang masuk kategori Urban SUV diklaim memiliki ground clereance cukup tinggi dibandingkan dengan kompetitor, yaitu 180 mm dengan panjang 3.700 mm.

Menggendong mesin K12M 1.200 cc DOHC VVT, yang mampu menghasilkan tenaga maksud 83 ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan daya puntir puncak hingga 113 Nm pada 4.200 rpm.
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen