Repsol Honda Dominasi MotoGP Aragon

Marquez juara GP Aragon, Rossi kelima
HRC

Otojatim (Aragon)- Dominan, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan hasil MotoGP Aragon hari ini (24/9). Balapan yang bergulir di Aragon, Spanyol ini dikuasai oleh dua joki asal tim Repsol Honda.


Bagaimana tidak, baik Marc Marquez dan Dani Pedrosa sudah menunjukkan ketajaman skill mereka di hadapan pendukung negeri sendiri. Keduanya mampu mengebiri seorang Jorge Lorenzo yang sendirian membela Ducati hingga berakhir di podium ketiga. Sirkuit sepanjang 5,3 km ini ternyata tidak berarti menguntungkan bagi Ducati.

Menggunakan dua settingan berbeda untuk Andrea Dovizioso dan Lorenzo, tim berwarna merah ini kelabakan menandingi kelincahan Honda RCV213 yang semakin mantap di tikungan. Sementara Ducati hanya berjaya di bagian lurus saja meskisecara teknis motor Desmosedici milik Ducati tergolong berat untuk melahap 17 tikungan.

Untuk Marquez, ini adalah kemenangan ke-4 nya di Aragon setelah meraih juara seri untuk pertama kali di kelas Moto2 pada 2011 dan di MotoGP bersama Repsol Honda di 2013 (tahun debut perdanannya) dan 2016. Ia berhasil mengagalkan kemenangan ketiga Lorenzo di Aragon yang pernah menang dengan Yamaha di 2014-2015. Sementara untuk pabrikan Honda, kemenangan ke-5 Marquez di musim ini sekaligus menjadi kemenangan ke-5 pabrikan asal Jepang itu di Aragon.

Dalam seri ini ada dua highlight, dimana Aleix Espagaro dari Aprilia menunjukkan kelasnya sebagai pebalap tuan rumah dengan finish di urutan ke-6. Ini adalah hasil terbaik kedua yang Aleix lakukan setelah duduk di posisi serupa di GP Qatar.

Baca juga:
Selain itu pula, highlight lainnya adalah peforma Valentino Rossi yang mampu finish kelima akibat pada paruh akhir balap posisi keempat yang semestinya diraih joki Italia ini diambil rekan setimnya, Maverick Vinales. Ini adalah penampilan terbaik bagi joki berumur 38 tahun itu sejak mengalami patah tulang sebelum GP San Marino akibat kecelakaan di saat latihan menggunakan motor trail.

Marquez sendiri memimpin klasemen dengan 224 poin disusul Dovizioso yang duduk di posisi kedua dengan 208 poin akibat finish ke-7 di balapan ini. Maverick Vinales dari Yamaha finish di urutan ke-4 pada balapan ini sehingga posisi di klasemen adalah ketiga dengan 196 poin. Menggeser Valentino Rossi di posisi keempat adalah Pedrosa dengan 170 poin dan Rossi sendiri duduk di tempat kelima dengan 168 poin.

Balapan selanjutnya akan menjadi balapan kandang untuk pabrikan Honda dan Yamaha sebab GP Jepang akan digelar di Motegi pada 15 Oktober.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen