Renault Megane RS, Bodi Gambot Tapi Handling Maksimal Berkat 4Control

Renault



Otojatim (Frankfurt)- Bagi para pecinta mobil hot hatch, Renault Megane RS merupakan pilihan alternatif jika harga Ford Focus ST, VW Golf GTI dan Honda Civic Type R tidak kompetitif. Mobil ini juga pernah tampil dengan varian khusus bernama Red Bull demi mendukung tim balap F1 bernama serupa saat masih menggunakan mesin Renault.

Pada ajang Frankfurt Motor Show 2017, pabrikan asal Perancis ini menampilkan versi baru dari Megane RS dengan tampilan lebih sporty nan agresif khas Renault. Mobil yang memiliki arti kacamata dalam bahasa Jepang ini tampil dengan rongga roda lebih lebar dan memiliki ventilasi udara di bagian fender. Bagian bemper sendiri terdapat lampu yang berbentuk bendera finish (kotak-kotak) agar menguatkan kesan balap plus bagian belakang terdapat diffuser sebagai bagian aerodinamika utama mobil disamping spoiler belakang berbentuk ducktail di bagian atas  mobil.

Renault
Bodi Megane ini nampak mirip SUV Duster akibat bertubuh besar tapi teknologi handling 4Control tersemat pada Megane ini membuat handlingnya lebih agresif dan lincah saat membelok di tikungan. Adapun bagian interior sudah tersemat sebuah stir yang memiliki ornamen garis merah di arah jam 12, jok bucket seat plus balutan kulit dan alumunium demi menguatkan kesan sporty saat menggunakannya.

Untuk mesin, mobil ini menggunakan mesin 4 silinder 1800 cc turbo milik Alpine. Sedangkan daya sendiri menghasilkan 276 dk dengan torsi 390 nm yang disalurkan ke transmisi manual atau otomatis 6 percepatan kopling ganda. Akselerasi dari 0-100 km/jamnya adalah 6 detik dan sayangnya untuk top speed masih misterius.

"Penggunaan 4Control dalam mobil ini adalah keputusan yang tepat" ungkap Renault Sport chief Patrice Ratti.  " Kami sudah banyak belajar dari pengembangan mobil sebelumnya kalau mobil ini butuh peningkatan di sisi kemampuan handling. Maka dari itu kami merevisi bagian damper, differential dan steering supaya lebih optimal dalam berbelok. Maka dari itulah, kami menggunakan 4Control pada mobil ini untuk pertama kalinya" ujarnya. Megane RS terbaru ini akan dipasarkan di Eropa pada awal tahun depan dengan harga £30,000.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen