MotoGP San Marino: Rossi Absen, Duel Marquez vs Petruci Tetap Seru

Otojatim (Misano) - MotoGP memasuki seri ke-13 di Misano, San Marino. Pada seri yang digelar pada 10 September ini tidak dihadiri oleh joki tuan rumah, Valentino Rossi. 

Joki Yamaha ini mengalami kecelakaan saat latihan motocross sehingga tidak mengikuti balapan akibat mengalami patah tulang di bagian kaki. Banyak fans dari joki berjuluk "dokter" ini membawa atribut berwarna kuning sebagai penghormatan bagi sang jagoan dari Tavulia, Italia itu.


Meski diguyur hujan, seri ini bukannya tanpa hal-hal seru. Malah terjadi perlombaan senjata akibat banyaknya tim menggunakan fairing baru seperti Ducati, Yamaha dan Aprilia. Hal ini diakibatkan karena letak sirkuit berada di dekat pantai sehingga motor membutuhkan daya cengkram tinggi.
Hasil MotoGP San Marino
Honda juara di MotoGP San Marino 2017
Sialnya, akibat sirkuit licin beberapa joki harus gugur karena terjatuh dari motornya seperti Jorge Lorenzo dari Ducati. Joki Spanyol ini harus mengubur impiannya menjadi juara di Misano untuk pertama kalinya.

Beberapa joki berjudi menggunakan sistem ganti motor, hanya saja beberapa joki tetap menggunakan motor yang mereka gunakan sejak awal. Pada akhirnya, terjadi duel menegangkan yang menutup mulut para pecinta balap yang merasa kalau Motogp tanpa sosok Rossi maka tidak terjadi duel seru.

Adalah Marc Marquez (Repsol Honda) VS Danillo Petruci (Pramac Ducati) yang membuat semua mata terpikat kepada seri Misano ini. Dengan determinasi tinggi, Marquez seolah tidak mau kalah dari Petruci di awal-awal balapan hingga pada akhirnya Joki bernomor 23 ini merajai sirkuit sepanjang 4,2 km ini.

Baca juga:
Ia mengubur kemenangan perdana joki tuan rumah itu dengan menyalip Petrucci di tikungan pertama saat lap akhir. Meski Petrucci sempat mencoba mengejar di beberapa tikungan, motor Desmosedici GP17 tidak bersahabat dengan lintasan yang menyiksa ban bagian kanan ini. Iapun kehilangan gap sehingga harus duduk di tempat kedua.

Bermain aman, joki Ducati sekaligus jagoan tuan rumah lainnya yakni Andrea Dovizioso harus kehilangan posisi pertama di klasemen joki balap akibat finish di posisi ketiga.  Maverick Vinales yang merupakan joki satu-satunya Yamaha finish keempat di belakang Dovi. Rekan setim Dovi yakni Michelle Pirro finish kelima di belakang Vinales.

Pada klasemen joki, Marquez memimpin dengan 199 poin alias mempunyai poin sama dengan Dovi. Sementara Vinales duduk di tempat ketiga dengan 183 poin dan Rossi berada di tempat keempat dengan 157 poin. Karena absen pada GP Aragon di tanggal 24 September mendatang, maka bukan tak mungkin tempat keempat akan diambil oleh Dani Pedrosa yang saat ini duduk di posisi kelima dengan 150 poin.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen