Mini John Cooper Works GP Concept, Kembalikan DNA Reli Dari Countryman WRC


Mini


Otojatim (Frankfurt)- Tentunya kita masih mengingat mobil Mini Countryman WRC. Mobil ini merupakan mobil pertama  yang Mini turunkan ke ajang reli dunia setelah sekian lama tidak ikut serta di dalamnya sejak era 1960-an. Dibangun bersama dengan Prodrive yang merupakan pembuat Subaru Impreza WRC, Mini terjun ke WRC mulai 2012 silam hingga mengakhiri kariernya di kejuaraan reli Eropa di 2015. Selama berkarier, mobil ini meraih 9 kali kemenangan dan 6 kali posisi kedua.

Pada pagelaran Frankfurt Motorshow 2017 di Frankfurt, Jerman September ini, Mini menghadirkan kembali wujud Mini WRC tapi dalam bentuk John Cooper Works Grand Prix Concept. Mobil yang menjadi wujud hothatch penghancur VW Golf GTI, Renault Clio RS dan Mercedes A45 AMG ini siap tempur dengan bodykit aerodinamis berdasarkan DNA blueprint Countryman WRC berpadu aerodinamika mobil one make race Mini Challenge. Bagian fasia depan menampilkan splitter besar di bawah bemper dan grill sendiri mendapat garis berwarna merah di bagian tengah.

Mini
Bagian overfender nampak lebih agresif bak mobil Mini Challenge plus penggunaan airscoop dan spoiler belakang demi mengoptimalkan downforce ketika melaju di lintasan sirkuit. Pengurangan bobot terjadi di bagian interior akibat penggunaan rollbar alumunium, dua jok bucket dengan sabuk pengaman 5 titik dan panel instrumen digital demi memberikan informasi maksimal kepada pengemudi.

Mini JCW Sendiri merupakan varian peforma tinggi dari Mini Cooper sejak 2008. John Cooper Works (JCW) sendiri adalah rumah modifikasi yang didirikan oleh Michael Cooper, anak dari John Cooper sang pendiri rumah modifikasi yang khusus membuat mobil balap dari Mini Cooper dan JCW sendiri didirikan pada 2002. BMW mengakusisi JCW pada 2008 setelah sebelumnya mengakusisi Mini Cooper dari Rover dari tahun 2000.

Sebelumnya, Mini JCW menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1600 cc turbo yang melahirkan tenaga 218 dk. Sayangnya, karena masih konsep maka belum diketahui mesin apa yang akan dipakai untuk Mini JCW baru ini. Di Indonesia, Mini JCW dihargai Rp 865 jutaan dan merupakan salah satu "mainan" termurah bagi pelaku morning run komunitas mobil sport di Indonesia.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen