Metamorfosis HOG JC Menjadi Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

Harley owners group
Susherli, Director HOG Jakarta Chapter saat peresmian HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia yang berlangsung di Cilandak Town Square, dihadiri oleh puluhan anggota HOG Jakarta Chapter.

Otojatim.com (Jakarta) – Pasca tutupnya Mabua Harley-Davidson, Harley Owners Group (HOG) Jakarta Chapter melakukan sejumlah perombakan ditahun 2017. Para penunggang Moge asal Amerika ini, baru saja mengganti nama mereka menjadi HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia termasuk semua susunan kepengurusan. 

HOG Owners Group Jakarta Chapter, berdiri sejak tahun 1998, dengan sepuluh orang sebagai pendirinya, dengan direktur pertamanya Tito Sulistio.

Sampai saat ini, telah Sembilan orang biker yang pernah memimpin club Moge yang namanya tercatat di HOG International. HOG JC pun berkembang semakin besar, dari awalnya yang hanya 10 orang, kini anggota HOG JC telah mencapai lebih dari 4.000 orang.

Tidak banyak yang tahu, jika HOG bukanlah sembarang group, karena menurut Suherli, Director HOG Jakarta Chapter, yang namanya Harley Owners Group adalah klub yang hanya bisa berdiri di bawah dealer resmi Harley-Davidson.

“HOG tidak bisa serta merta didirikan. HOG sendiri adalah milik Harley Davidson Motor Company atau HDMC. Hanya melalui Dealer Iah, HOG dari setiap negara berkomunikasi dengan HDMC, serta anggotanya otomatis tercatat sebagai member HOG internasional,” jelas Suherli dalam siaran persnya.

Harley Anak Elang
Suherli berfoto bersama para founder HOG JC saat peresmian HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia

HOG JC awalnya berdiri di bawah Mabua Harley-Davidson. Namun, ketika Mabua Harley-Davisdon tutup pada tahun 2015, otomatis HOG tidak memiliki naungan.

”Saat itu, mengikuti peraturan yang berlaku dari Harley-Davidson Motor Company, HOG Jakarta Chapter harus segera memutuskan untuk mencari dealer partner yang baru karena HDMC memutuskan untuk tidak memperpanjang registrasi HOG JC di HDMC,” tutur Sahat Manalu, Director HOG Jakarta Chapter yang menjabat dua periode tahun 2013-2017.

Otomatis sejak tutupnya Mabua Harley-Davidson, HOG JC tak lagi dapat berhubungan dengan HDMC. Pasalnya, komunikasi hanya dapat dilakukan lewat dealer resmi.

Baca juga:
Saat itu, Sahat Manalu dan Suherli yang masih menjabat sebagai Director dan Assistant Director HOG JC, berupaya agar komunitas Moge yang berlogo burung elang ini, serta anggotanya yang terdaftar di HOG International tetap eksis di Indonesia.

"Saat itu HOG JC sudah berdiri selama lebih dari 15 tahun, dan anggotanya sudah biasa bernaung melakukan hobi motor bersama di bawah HOG JC. Ribuan orang anggota telah melakukan kegiatan bersama di dalamnya. Sudah tak terbilang jumlah kota, bahkan negara, yang kami jelajahi bersama. Kami sudah ’tumbuh’ bersama dalam klub in'i, satu sama lain sudah bagaikan saudara. Kami tidak bisa melihat HOG JC hilang. Satu-satunya cara adalah harus ada dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia segera,” tegas Suherli.

Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan termasuk restu dari keluarga besar HOG JC dan keluarga masing-masing, kedua biker senior inipun mengajukan permintaan untuk menjadi dealer motor legendaris ini.

Permintaan tersebut akhirnya dikabulkan. Pada akhir 2016, berdirilah Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Dealer resmi Harley-Davidson. Dealer ini membuka showroom Harley-Davidson Indonesia terbesar dan terlengkap di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Upaya Suherli dan Sahat Manalu tidak sia-sia,  karena dukungan dari para biker HOG.

Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan HDMC, HOG akhirnya dapat terus eksis di HOG International. Namun, dikarenakan terdapat empat dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia, dengan dua diantaranya berada di Jakarta, maka nama HOG Jakarta Chapter tidak lagi dapat digunakan.

Akhirnya, secara resmi pada Minggu (24/9), bertempat di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan dilakukan peluncuran nama Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

”Kami semua sangat mencintai grup yang telah menemani kami bermotor, khususnya motor Harley-Davidson. Sudah ribuan biker merasakan kehadiran H.0.G Jakarta . Kami menyambut baik hal ini hapter Indonesia,” kata Herry Bachtiar, Assistant Director HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

Saat itu, tampak hadir para Founder HOG Jakarta Chapter, seperti CorneIio Vega, Eddy Kuntadi, Yukio Sujatim Martokoesumo, Herman Herry, Huda Subarkah serta Prima Baskoro.

“Kami terharu dan bangga dengan kehadiran pada Founder dan biker senior dalam acara ini,” tutur Suherli di sela-sela acara Grand Launching H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

Acara Grand Launching HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia  berjalan sukses , dengan para Pembina dan Founder terlibat dalam prosesi peluncuran nama baru HOG Jakarta Chapter ini. Secara resmi kini HOG Anak Elang Jakarta Chapter bernaung di bawah Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.

HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia akan terus melakukan kegiatan rutin seperti touring, safety riding dan bakti sosial. Salah satu kegiatan utama yang akan dilakukan oleh HOG Anak Elang Jakarta Chapter adalah acara tahunan HOG National Rally, yang tahun ini diadakan untuk ke-10 kalinya.

The 10th HOG National Rally 2017 akan diadakan dengan touring Jakarta Bali, pada bulan November 2017 mendatang.
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen