Jelang F1 2018, Toro Rosso Dan Mclaren Akan Bertukar Mesin


Carscoop


Otojatim (Singapura)- Meskipun musim balap 2018 akan dimulai pada Maret mendatang, tapi ada kabar mengejutkan jelang musim depan yakni pertukaran mesin dari 2 tim yang berlaga yakni Toro Rosso dan Mclaren.

Saat bergulirnya F1 Singapura pada pekan ini (15-17/9), pihak Toro Rosso sudah menyepakati pihak Honda untuk memakai jasa mesin mereka untuk musim depan. "Ini akan menjadi sebuah pertanyaan terkait adaptasi ketimbang perubahan total [desain mobil 2018]. Kami saat ini berada dalam proses perencanaan ulang desain dan aktivitas produksi kami, bersama-sama dengan Honda, untuk memastikan bahwa kami bisa memenuhi semua tenggat waktu yang ada," ungkap Direktur Toro Rosso, James Key via Motorsport.

"Ada beberapa tantangan yang akan kami hadapi mengingat timing keputusan ini. Tapi Toro Rosso telah memiliki pengalaman dan fleksibilitas untuk mengatasinya." "Kami akan bekerja keras, tidak hanya dalam perancangan ulang desain instalasi unit mesin, tapi juga memastikan bahwa keputusan ini hanya berdampak minimal atau tidak sama sekali terhadap pengembangan mobil 2018. Itu target kami.". tutupnya.

Nah bagaimana dengan Mclaren? Tim asal Inggris ini akan menggunakan jasa mesin Renault untuk pertama kalinya pada tahun depan. Dengan beberapa kali mengalami kendala teknis pada musim ini,
Mclaren akhirnya menceraikan kerjasama dengan Honda mulai akhir musim 2017.

"Pengumuman ini diharapkan bisa memberikan kestabilan yang kami butuhkan untuk bisa melangkah maju dengan sasis dan program teknis di musim 2018 tanpa ada keraguan," ungkap Zak Brown selaku bos tim Honda via pernyataan pers. "Sebagai organisasi, McLaren selalu bekerja keras untuk berupaya membangun jalinan kerja sama yang bisa bertahan lama dengan para mitra teknis kami. Kami yakin, kami bisa membawa nilai yang nyata untuk Renault Sport Racing. Bersama-sama kami ingin mengembangkan unit mesin ini agar bisa menjadi pesaing juara balapan secara reguler."
Sementara bos tim Renault, Cyril Abiteboul senang atas kerjasama antara pihak Renault Sport dengan Mclaren pada musim depan. "Kami senang bisa mengonfirmasi kemitraan baru untuk Renault Sport Racing dan McLaren Racing. Kami juga antusias untuk memulai lembaran baru bagi dua merek bersejarah di Formula 1, yang akan bekerja bersama-sama untuk pertama kalinya," ujar Abiteboul.

Mclaren saat ini berlaga dengan menggunakan mobil MCL-32 bermesin Honda. Jika tahun depan menggunakan mesin Renault, maka mobil mereka akan dinamai MCL 33. Sedangkan untuk Toro Rosso sendiri diperkirakan akan menggunakan nama STR-13 sebagai nama mobil baru mereka untuk 2018 saat bermesin Honda untuk pertama kalinya.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen