Isuzu Diesel Academy Buka Rahasia Mengenai Mesin Diesel



Otojatim (Bekasi)- Bertempat di Training Center Isuzu di Pondok Ungu, Bekasi pada hari ini (20/9) PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku APM dari merek Jepang ini melakukan Isuzu Diesel Academy. Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan kepada wartawan demi mendalami seluk-beluk mesin diesel.

Para wartawan dididik layaknya sekolah mekanik demi mengikuti event ini dengan mengenakan T Shirt seragam berwarna putih sebagai tanda murid dari Diesel Academy. Dalam acara ini pihak Isuzu membeberkan rahasia mesin diesel andalannya kepada kalangan wartawan.

“Torsi awal ini memang sangat cocok untuk kendaraan komersial karena kendaraan komersial kan mengangkat banyak barang, walaupun terlihat pelan tetapi kendaraan bisa tetap jalan,” ungkap Reiner Tandiono, selaku Sales Support Dept. Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ketika mengajarkan kemampuan mesin diesel saat menghasilkan torsi besar ketika putaran awal. Selain itu pula, efisiensi panas mesin diesel lebih besar dari mesin bensin hingga bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih irit dan bisa bertahan lebih lama akibat tidak menggunakan electric ingniter sebagai starter utama dalam menyalakan mesin diesel.

“Sedangkan momen mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Artinya torsi mesin diesel rata-rata sama besar, namun tetap saja setiap merek karakteristiknya berbeda,” katanya. Meski getarannya lebih besar daripada mesin bensin, tapi mesin diesel punya tekanan pembakaran maksimum lebih besar dari mesin bensin.

Dalam acara ini juga dibeberkan rahasia tentang truk hibrida yang sejatinya sudah dibuat di Jepang. “Walaupun sebenarnya Isuzu di Jepang sudah membuatnya, tetapi untuk saat ini di Indonesia masih belum ada rencana akan menggunakan tenaga listrik,” paparnya. Kendaraan hybrid sekaligus listrik masih belum mendapat izin resmi untuk dipasarkan akibat sarana dan prasarana kurang memadai. “Sekali lagi kalau persiapan sudah siap maka Isuzu kan sudah memiliki produknya di Jepang, jadi kapanpun bisa dibawa ke Indonesia,” ujarnya.

Diesel Academy juga menghadirkan hiburan bagi para wartawan dengan mengadakan test drive truk dan games menarik yakni memasang baut ban truk. Acara semacam ini nantinya akan digelar lagi
dengan komposisi bahan lebih berbobot dan peserta yang jauh lebih banyak dari acara saat ini.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen