FIA WEC Amerika, Porsche dan Ferrari meraja di negeri Paman Sam

FIA
Otojatim (Nurburg)- Amerika Serikat menjadi tempat terakhir di benua Amerika untuk seri balap ketahanan FIA World Endurance Championship (WEC). Balapan yang digelar di sirkuit F1 Austin, Texas ini sedianya akan menjadi seri tuan rumah untuk pabrikan Ford yang menurunkan GT di kelas supercar GTE. Sayangnya, kemenangan yang mereka inginkanpun sirna.

Dalam balapan yang berlangsung pada 16 September itu, Porsche berhasil meraih kemenangan keempatnya untuk musim 2017 ini. Trio Earl Bamber, Timo Bernhard dan Brendon Hartley kembali
menjadi formula kemenangan untuk tim asal Jerman ini. Tidak hanya 1 mobil saja, ternyata mobil satunya lagi yang dikemudikan Neel Jani, Nick Tandy dan Andre Lotterer menemaninya di podium kedua sehingga Porsche menguasai negeri Paman Sam. Lalu, bagaimana dengan tim Toyota? Kazuki Nakajima, Sebastien Buemi dan Stephane Sarrazin membawa mobil TS050 menduduki podium ketiga.

Kemenangan pebalap Amerika terjadi di kelas LMP2 dimana tim Signatech Alpine berhasil meraih kemenangan perdanannya di 2017. Melalui pebalap tuan rumah Gustavo Menezes dengan Nicholas Lapierre dan Andre Negrao sebagai pebalap pengganti mereka berhasil mengalahkan dua mobil tim Rebellion Oreca yang dikemudikan Nelson Piquet Jr, Mathias Beche dan David Heinemeier Hansson (finish kedua) dan Bruno Senna, Nicolas Prost dan Julen Canal (finish ketiga).

Dalam kelas yang ditunggu-tunggu publik Amerika akibat menurunkan Ford GT oleh tim Ganassi Ford yakni GTE, malah dimenangkan oleh tim kuda jingkrak Ferrari. Adalah tim AF Corse Ferrari yang menurunkan duet James Calado dan Alessandro Pier Guidi berhasil merajai sirkuit Austin dengan mengalahkan tim Porsche yang menurunkan Michael Christensen dan Kevin Estre. Sementara, mobil tim AF Corse lainnya yang dikemudikan Sam Bird dan Davide Rigon finish ketiga dibelakang tim Porsche.

Nah, bagaimana dengan tim Ford? Mobil GT bernomor 67 yang Harry Ticknell dan Andy Priaulx finish ke-7 dan GT bernomor 67 yang dikemudikan Stefan Mucke dan Olivier Pla finish ke-8. Publik Amerikapun seakan kecewa dengan peforma tim Ford yang tidak bisa menandingi mobil-mobil semacam Ferrari 488, Aston Martin Vantage dan Porsche 911 RSR.

Pada 15 Oktober mendatang akan sangat krusial, karena tim Toyota siap bertempur mati-matian di seri Jepang tepatnya di Fuji Speedway. Mampukah mereka bisa berhasil di rumah mereka sendiri atau malah senasib seperti Ford yang tidak menang di seri kandangnya? Kita nantikan saja.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen