F1 Monza, Mercedes Curi Kemenangan di Kandang Kuda Jingkrak

Mercedes AMG F1 Monza 2017
Mercedes AMG F1

Otojatim (Monza)- Monza adalah salah satu sirkuit tercepat di kalender F1 2017. Sirkuit ini memiliki 11 tikungan dan punya panjang 5,7 km. Monza juga merupakan sirkuit tertua di dunia setelah Spa di Belgia, Nurburgring di Jerman,Mistral Monte Carlo di Monako dan Silverstone di Inggris karena dibangun pada 1922.

Dahulu kala, layoutnya adalah sekitar 10 km dan memiliki tantangan berupa lintasan oval curam yang saat ini digunakan untuk gelaran tahunan Monza Rally Show di bulan Desember. Saat ini, Monza sering dipakai untuk Blancpain GT Series dan World Endurance Championship (WEC). Baik F1, WEC dan Blancpain sering dihuni pemakai Ferrari dan para Tifosi (fans garis keras Ferrari) datang mendukung tim berlogo kuda jingkrak sehingga sirkuit Monza ini dijuluki Kandang Kuda.


Pada balap Formula 1 di tanggal 3 September ini, tim Mercedes menguasai sirkuit sepanjang 5,7 km melalui kemenangan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Dengan mobil spek tercepat, Mercedes seakan tidak terbendung di sirkuit milik pabrikan sekaligus tim  tuan rumah yakni Ferrari ini. Meskipun balapan nampak menarik dengan persaingan antar pebalap tapi baik Hamilton dan Bottas bermain aman sekaligus meraih poin penuh.

Untuk Hamilton sendiri, kemenangan di Monza ini adalah yang keempat setelah meraih pertama kali di 2012 hingga berlanjut pada 2014 dan 2015. Selain itu pula, pebalap berumur 32 tahun ini meraih kemenangan ke-59 selama berkarier di F1. Sebelumnya, ia meraih pole position ke-69 pada hari kualifikasi (2/9) dan Hamilton mengalahkan rekor pole position milik Michael Schumacher yang mendapat 58 kali saat membalap.

Baca juga:
Para Tifosi, tidak kecewa di balapan ini. Hal itu dikarenakan Sebastian Vettel meraih posisi ketiga hanya saja untuk klasemen pebalap Vettel harus turun peringkat karena Hamilton menyalipnya dengan 238 poin sementara Vettel meraih 235 poin. Untuk Bottas sendiri berada di tempat ketiga dengan 197 poin. Pada klasemen konstruktor,  Mercedes tetap kokoh memimpin dengan 435 poin dan Ferrari berada di tempat kedua dengan 373 poin.

Hanya saja meskipun berjalan monoton, balapan ini memakan korban bagi sebagian pebalap. Adalah Stoffel Vandoorne dan Fernando Alonso dari Mclaren yang harus menahan malu akibat tidak finish karena kerusakan mesin Honda yang mereka gunakan. Kerusakan mesin juga menimpa mobil Renault Jolyon Palmer dan Sauber dari Marcus Ericsson sehingga keduanya harus masuk ke pit dan gugur. Balapan selanjutnya akan bergulir di Singapura pada 17 September mendatang.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen