Benarkah Esemka Digdaya Adalah Foday F22? (4 Foto)

Esemka Foday
Seperti ini tampilan depan dari Esemka Digdaya atau Foday F22

Surakarta, Otojatim.com - Gembar-gembor Esemka bangkit kembali hiasi laman media sosial. Tentunya, kemunculan sebuah Double Cabin dengan tulisan ESEMKA Digdaya semakin menambah rasa penasaran. Inikah mobil terbaru Esemka nanti? Dimana sepertinya mereka belum mengumumkan ke media. 

Tetapi, model apa yang dirakit oleh mereka. Dan seperti apa bentuk dan spesifikasi dari Double Cabin yang desainnya begitu cantik nan modern ini. Untuk itu, Otojatim menelusuri asal muasal mobil yang dirakit oleh Esemka. Hasilnya, sebuah produsen otomotif asal Guangdong, Tiongkok yang memasarkan mobil dengan model yang dirakit oleh ESEMKA. 



Memang, Esemka sendiri sekarang ini hanya bisa merakit saja. Belum bisa membuat mobil dari nol alias mulai dari konsep sampai produksi. Tapi, kita salut kalau mereka bisa merakit mobil, meskipun semuanya didatangkan dari Tiongkok. 

Mobilnya sendiri dinamakan Foday F22 Double Cabin dengan pilihan dua mesin yaitu bensin dan diesel serta dua pilihan penggerak, yaitu penggerak roda depan dan belakang. Dimana, mereka menyediakan opsi Built Up atau CKD atau Knock Down. 

Pastinya opsi terakhir dipilih oleh Esemka. Selain lebih murah, juga bisa merebadge emblem menjad Esemka bukan. Malah desainnya pun bisa dibilang tidak ada bedanya dengan mobil sekarang. 

Interior modern
Kabin yang bernuansa modern seperti ini rasanya bisa bersaing dengan produsen Jepang bahkan Amerika sekaligus
Soal interiornya, Tiongkok terkenal dengan kualitasnya yang buruk sekali. Mulai dari gap antar dasbor dan trim sampai bahan yang digunakan begitu buruk. Namun, untuk Foday sendiri rasanya semua itu sirna sudah. Mereka sudah memiliki desain yang menarik sekali. Bahkan, tidak menyontek desain interior mobil manapun. 

Malahan joknya terlihat sudah menggunakan kulit sepertinya. Sungguh mencerminkan nuansa modern di kabinnya.  Mungkin saja, Esemka tertarik gunakan model ini untuk produk Double Cabin mereka. Ditambah kemampuan produsen ini terbilang berani untuk berhadapan dengan produsen raksasa. 

Soal keselamatan seperti apa? 

Keselamatan dan keamanan sendiri rasanya Foday sudah berikan banyak pilihan seperti ada ABS dan EBD, lalu dual airbag. Rasanya, kelengkapan ini begitu standar sekali. Namanya juga mobil murah. 


Cuma dengan keseriusan Esemka, sepertinya mereka ingin kembali ke pasar otomotif Indonesia. Pastinya, bukan menjadi alat politik terutama menjelang tahun politik yang tinggal setahun lagi bukan. 

Foto-foto: (perbesar)




 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen