Aplikasi Winter Season Di World Endurance Championship, Bakal Bentrok Dengan Formula E

FIA WEC


Otojatim (Meksiko)- Bertepatan dengan gelaran World Endurance Championship (WEC) di Meksiko pada 3 September lalu, badan otomobil dunia FIA mengeluarkan format baru untuk balap ketahanan dunia itu pada 2018 mendatang. Hal ini dilakukan untuk menghindari benturan jadwal dengan  balap F1.

Adalah format winter season yang akan digelar pada tahun depan dengan 8 seri balapan. FIA sudah mengeluarkan jadwal untuk balap tahun depan dan ini sangatlah mengejutkan. Ada dua kali gelaran bergengsi yang dihelat dalam WEC 2018-2019 yakni Spa 6 jam dan Le Mans  24 jam. Di tahun 2018 mendatang, Spa 6 Jam akan dihelat pada 5 May sedangkan Le Mans edisi 2018 digelar 16-17 Juni. Untuk musim 2019, Spa 6 Jam digelar pada 4 Mei dan Le Mans digelar 15-16 Juni.

Selain itu pula, ada 4 perhelatan di luar dua ajang bergengsi itu dan salah satunya akan
mengembalikan nama sirkuit ternama di dunia ke gelaran WEC musim depan. Adalah Sebring 12 Jam yang kembali berstatus kejuaraan dunia setelah terakhir kali menggelar WEC di 2012. Sirkuit bekas lapangan terbang di Amerika Serikat itu akan menghelat balapan 12 jam ini pada 16 Maret 2019. Sementara sirkuit Fuji, Jepang menggelar seri 6 jam pada 14 Oktober 2018 dan Sirkuit Shanghai di Cina juga menggelar seri 6 jam pada 4 November 2018. Ada satu seri di bulan Februari 2019 yang masih belum diketahui tempatnya.

Tentu saja, kalau jadwal balap WEC musim depan ini akan sedikit bentrok dengan gelaran Formula E akibat menggunakan winter season. Pasalnya, beberapa pebalap seperti Sebastian Buemi dan Jose Maria Lopez bisa double job untuk balapan di dua "alam" ini. Sampai saat ini, Formula E musim 2018-2019 masih belum diketahui seperti apa jadwalnya tapi semoga saja tidak mengalami dual schedule agar para pebalap bisa konsentrasi dalam satu balapan.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen