13 Tahun Kuasai Pasar MPV, Begini Jurus Daihatsu Xenia Hadapi Pemain Baru

Jakarta, Otojatim.com - Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) mempunyai pangsa pasar yang gemuk di Indonesia. Sampai sekarang, banyak pabrikan yang terus meluncurkan Low MPV terbarunya. Ini dikarenakan peminatnya masih lebih banyak ketimbang segmen lainnya. Meskipun kini sudah ada model Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas 7 penumpang.

Daihatsu Xenia menjadi salah satu mobil Low MPV terlaris di Indonesia. Sejak pertama diproduksi pada 13 tahun silam, Xenia langsung diserbu oleh konsumennya. Total 22.006 unit Xenia telah terjual pada 2004, seperti dimuat Detikcom (31/8).


Tren permintaan mobil 'sejuta umat' ini terus meningkat setiap tahunnya. Puncaknya pada 2012, Daihatsu melepas 73.418 unit. Kemudian pada 2013, Daihatsu menjual 64.611 unit dan pada 2014 melepas 46.517 unit. Sementara pada 2015, dari Januari sampai Juni, Daihatsu sudah mengirim 19.129 unit.

Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia. (dok hargadaihatsu.com)
Totalnya, sejak 2004 sampai Juni 2015, 515.865 unit Daihatsu Xenia sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Tahun berikutnya, yakni 2016, Xenia terjual 44.720 unit dan selama Januari-Juli 2017, terjual sebanyak 21.665 unit.

Bagaimana jurus Daihatsu melawan para pesaingnya? Salah satunya dengan terus mengembangkan jaringan penjualan dan purnajual.

"Karena kalau layanan purna jual itu banyak dan tersebar, itu menjadi pertimbangan utama di segmen ini. Tempat pembeliannya gampang, servisnya gampang, murah, terjangkau," ujar Marketing & CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dikutip dari Detikcom.

Selain itu, Daihatsu tidak khawatir dengan datangnya pesaing baru dari China, Wuling, yang akan mencoba mendobrak pasar MPV dengan produknya yang diklaim memiliki berbagai keunggulan termasuk harga yang kompetitif.

Baca juga:
Hendra menambahkan dengan adanya pesaing baru, masyarakat justru diuntungkan karena ada pilihan lain. Meski begitu, Daihatsu yakin memiliki segmen tersendiri.

"Mudah-mudahan penjualan kita tetap bisa kita maintenance, gitu," tuturnya. Hendra menegaskan Daihatsu sendiri saat ini memiliki produk yang cukup kuat keberadaannya dan stabil penjualannya, yaitu Daihatsu Xenia.

Meski persaingannya sangat panas di kelasnya, Xenia memiliki konsumen setia. Sebab, Daihatsu menyematkan fitur terbaiknya yang unggul dan selalu memperbaharuinya sesuai kebutuhan konsumen.

Misalnya fitur keselematan pada Great New Xenia yang dilengkapi safety belt with pretension & force limiter dan Power Window Jam Protection. Jadi tangan tidak akan terjepit saat menutup kaca jendela.

Lalu fitur Immobilizer yang mencegah bahaya pencurian, sensor parkir di belakang dan depan, hingga side impact beam yang akan menegah kendaraan terbentur dari samping.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen