Portofino, Roadster Ferrari Berdaya 600 dk

harga Ferrari Portofino
Ferrari Portofino

Otojatim (Maranello)- Di Indonesia, California merupakan salah satu Ferrari terlaris yang masuk ke entry level supercar.  Dengan harga yang lumayan kompetitif, roadster yang memiliki musuh Porsche 911 dan Maserati Gran Cabrio ini merebut hati konsumen pecinta supercar entry level yang hanya punya dana sedikit tapi punya hasrat untuk melakukan kegiatan morning run maupun trackday di sirkuit.

Sayangnya, pada tahun ini adalah tahun terakhir diproduksinya California. Adalah California T yang menjadi varian terakhir dari California dan akan digantikan oleh Sosok roadster terbaru bernama Portofino. Mobil yang diperkenalkan pada Agustus tahun ini memang memiliki tampang lebih mirip dengan 812 Superfast di bagian depan dengan dipakainya desain agresif di bagian depannya.


Sepintas,bagian lampu dan bemper yang dipakai memiliki kemiripan dengan Maserati Gran Turismo namun untuk wujud bentuk desain batok lampunya lebih menjurus ke GTC Lusso. Bagian samping sendiri nampak serupa dengan bahasa desain supercar F12 tapi lebih pendek sesuai dengan wujud dari Portofino yakni gran tour roadster. Pada bagian belakang masih mempertahankan identitas dari California dengan dua buah lampu stop plus dua knalpot ganda dan diffuser sebagai piranti downforce utama.

spesifikasi ferrari portofino
Ferrari
Untuk mesin, mobil ini menggunakan mesin dari California T yakni V8 Turbo berkapasitas 3900 cc yang diupgrade tenaganya menjadi 600 dk dari tenaga aslinya yang hanya 552 dk. Mobil yang namanya diambil dari nama sebuah desa nelayan di Italia ini memiliki akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,5 detikan dan untuk top speednya adalah 320 km/jam.

Baca juga:
Pada sisi handling, Portofino punya electronic rear differential generasi ketiga bernama E Diff3 yang dihubungkan dengan kontrol traksi yang dikembangkan dari teknologi F1 bernama F1 Trac. Ia merupakan Ferrari pertama yang menggunakan EPS (Electric Power Steering) yang terintegrasi dengan E Diff3 sehingga memudahkan pengemudi untuk melakukan aksi manuver tajam ala mobil F1.

Sistem kaki-kakinya sendiri menggunakan   magnetorheological damping system (SCM-E) yang dihubungkan ke dual coil untuk menambah kenyamanan dan responsivitas mobil ketika dikendarai.

Pada sektor interior, mobil ini dilengkapi layar berukuran 10,2 inchi dengan sistem pendingin udara terbaru demi menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Tidak hanya itu juga, bagian kemudi sudah dilengkapi stir baru, jok kulit elektrik dengan settingan 18 way dan desain backrest baru demi menambah kelegaan kabin bagian belakang saat diduduki penumpang karena mobil ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2 (dua di bagian depan dan dua di bagian belakang).

Ada hal baru dimana bagian penahan angin dibuat lebih aerodinamis dengan memotong saluran angin sebesar 30% demi memperbesar downforce mobil ketika dipakai mengebut. Untuk harganya kemungkinan akan dibanderol sekitar Rp 5 milyar jika masuk ke Indonesia.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen