Ott Tanak Kampiun Reli Jerman, Ogier Kuasai Klasemen Pereli WRC 2017

ott tanak wrc
Ford M Sport
Otojatim (Alemania)- Selain menggelar World Superbike di Lautsitz, Jerman juga menggelar kejuaraan dunia reli (WRC) di daerah Alemania pada 18-20 Agustus 2017. Kejuaraan dunia reli pertama kali digelar pada 2002 silam meski sebelumnya berstatus sebagai kejuaran nasional reli sejak 1982-2001. Pada 2009, untuk pertama kalinya reli yang memiliki medan aspal plus sedikit tanah ini tidak menggelar WRC.

Sebagai kans pemenang, Sebastian Ogier harus mengalah dari rekan setimnya di Ford M Sport yakni Ott Tanak. Sebab pereli Estonia ini berhasil menjadi kampiun sejak hari Sabtu (19/8) karena berhasil mengalahkan Andreas Mikkelsen dari Citroen dengan gap 16,4 detik. Mikkelsen sendiri tampil cukup baik meski rekan setimnya yakni Kris Meeke harus gugur di awal perlombaan akibat kecelakaan. Pereli Norwegia ini sejatinya tampil dengan cukup mengecewakan di hari Sabtunya dimana  dia sempat melintir dan mengalami mati mesin mendadak di salah satu Special Stage sehingga membuatnya harus puas finish kedua di reli Jerman ini.  Sementara Ogier sendiri finish ketiga di perlombaan ini sekaligus menjadi pemimpin klasemen dengan 177 poin.

Adapun sebagai posisi keempat hadir Juho Hanninen dari Toyota dan di tempat kelima ada Craig Breen yang notabene rekan setim Mikkelsen. Meski gagal meraih posisi terbaik karena gugur akibat kerusakan suspensi, Thierry Neuville dari Hyundai masih kokoh di posisi kedua dengan 160 poin dan Tanak sendiri berada di posisi ketiga dengan 144 poin.

"Ketika saya berbelok, tiba-tiba ada yang menyentuh mobil saya. Dan ketika saya lihat ternyata suspensi saya rusak" ungkap pereli Belgia ini via Autosport. Ia merasa kecewa karena tidak bisa bertempur seperti biasa meski turun lagi melalui aturan Rally 2 dimana sang pereli tidak bisa ikut serta dalam satu reli penuh dan hanya bisa ikut dalam Power Stage demi poin bonus. Akibat kegagalan ini,  posisi Neuville di puncak klasemen harus turun 1 peringkat yakni posisi kedua.

Reli selanjutnya akan bergulir di Spanyol, tepatnya di Taragona. Mampukah Neuville bisa meraih hasil maksimal sekaligus menggulingkan Ogier? Kita tunggu pada 6-8 Oktober mendatang.

Hasil Reli Jerman 

1. Ott Tanak EST M-Sport Ford Fiesta WRC 17 2hr 57m 31.7s

2. Andrea Mikkelsen NOR Citroen C3 Abu Dhabi WRC +16.4s

3. Sebastien Ogier FRA M-Sport Ford Fiesta WRC 17 +30.4s

4. Juho Hanninen FIN Toyota Yaris Gazoo Racing +1m 49.2s

5. Craig Breen IRL Citroen C3 Abu Dhabi WRC +2m 01.5s

6. Elfyn Evans GBR DMACK M-Sport Ford Fiesta WRC 17 +2m 03.4s

7. Jari-Matti Latvala FIN Toyota Yaris Gazoo Racing +3m 58.2s

8. Hayden Paddon NZL Hyundai i20 Coupe WRC +4m 32.4s

9. Kremer Armin GER Ford Fiesta WRC ’17 +10m 19.4s
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen