Lamborghini Countach QVX, Satu-satunya Countach Yang Dipakai Untuk Balap

Lamborghini Countach QVX
Lamborghini Countach QVX - Istimewa

Otojatim (Bologna)- Mungkin inilah Lamborghini Countach satu-satunya yang dipakai untuk balap. Adalah Countach QVX yang dipakai oleh tim CC Motorsport asal Inggris untuk diikutsertakan dalam kejuaraan balap sportcar dunia (saat ini World Endurance Championship) pada 1986.

Awal mulanya pada 1985, importir Lamborghini asal Inggris bernama  David Jolliffe berniat untuk menurunkan Countach LP5000S untuk dipakai balap Group B (Saat ini GT3). Namun perjuangannya untuk membalap bersama supercar Countach harus terhenti akibat mobil itu tidak diholomogasikan untuk kepentingan balap dari badan permobilan dunia, FIA.

Tapi, ia tidak patah arang untuk membalap bersama supercar berlambang banteng ini. David memutuskan untuk membangun mobil balap untuk kelas prototype saat itu, Group C dengan membuat sasis sendiri atas nama bengkelnya, Spice Enginering.

Dengan sasis yang digabungkan dengan mesin Countach (V12 5700 cc) bertenaga 700 dk dan dipasangkan dengan girboks dari Hewland berkode VGC, David melahirkan Countach QVX untuk dipakai balap kepada tim CC Motorsport demi mengarungi kejuaraan balap sportcar dunia pada 1986.

Sayangnya, pada saat itu tim balap itu kesulitan mencari sponsor balap untuk mengikuti balapan sehingga hanya dua balapan saja yang bisa diikutsertakan. Adalah balapan bergengsi Le Mans 24 Jam di Perancis dan Kyalami 500 km di Afrika Selatan yang bisa diikuti oleh tim balap kecil ini.

Istimewa

Dalam balapan Kyalami 500 km itu, mobil yang dikendarai oleh Tiff Needell dan Mauro Baldi ini berhasil start di posisi ketujuh saat kualifikasi. Meskipun melawan tim-tim balap mapan seperti Zakspeed, Tiga Racing Team dan  tim pabrikan Porsche dengan mobil-mobil kuat seperti Porsche 956 dan 962, tapi tim kecil itu tampil lumayan berani sehingga mampu finish kelima di balapan tersebut. Hanya saja, karena kesulitan keuangan maka tim kecil ini gagal ikut serta dalam musim 1987.

Baca juga:
Melalui mobil ini, sejatinya kita sudah mengerti kalau Lamborghini pernah ikut kejuaraan balap mobil prototype dan pernah melawan tim-tim besar di kejuaraan balap ketahanan. Ini merupakan pertama dan terakhir kalinya mendengar model Countach ikut balapan secara resmi. Saat ini, mobil itu sudah dimiliki oleh kolektor asal Jepang dan pernah turun di ajang eksebisi di Lamborghini Super Trofeo pada 2013 silam.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen