Lakukan Start ke-200, Hamilton Menangi GP Belgia

Hasil Balap Formula 1 Spa 2017
Mercedes F1

Otojatim (Spa)- Menjadi salah satu sirkuit terpanjang di Formula 1, Spa Francochamps adalah jawabanya. Sirkuit ini memiliki panjang 7 km dan sempat dibalap oleh sirkuit Baku di Azerbaijan dengan panjang 6 km saat menggelar F1 pada 2016. Kembali ke Spa, sirkuit ini adalah salah satu yang tertua di dunia karena dibangun pada 1920.

Awal mulanya, sirkuit ini melewati daerah pedesaan dan menggabungkan sirkuit permanen dengan sirkuit jalanan sehingga memiliki panjang 15 km. Sayangnya, beberapa kecelakaan sempat terjadi pada layout 15 km ini dan pihak penyelenggara memutuskan untuk memotong lintasannya menjadi 14 km alias panjang lintasan ini sama seperti di La Sarthe, Perancis yang menjadi tempat penyelengaraan balap Le Mans 24 Jam.


Hanya saja, ini tidak bertahan lama karena bagian jalanannya tidak akan digunakan kembali demi meningkatkan keselamatan penonton maupun pebalap saat perlombaan F1 di masa mendatang.

Pada 27 Agustus 2017, Spa menggelar balap F1 yang dimenangi oleh Lewis Hamilton. Pebalap Mercedes ini melakukan start ke-200 sepanjang kariernya sejak turun perdana di 2007 bersama Mclaren.
Ia menang mudah dari pebalap Ferrari, Sebastian Vettel akibat menggunakan ban berkompon lembut sepanjang perlombaan.

Selama balapan berlangsung, keduanya sempat beradu kecepatan di beberapa bagian sirkuit tapi mobil Mercedes milik Hamilton lebih kencang dari segi aerodinamika ketimbang mobil Ferrari milik Vettel. Untuk posisi ketiga, diduduki oleh Daniel Ricciardo dari Red Bull Racing. Sempat terkena hukuman akibat mengebut di pit, Kimi Raikkonen yang merupakan rekan setim Vettel finish keempat dan rekan setim Hamilton yakni Valtteri Bottas finish kelima itupun karena kalah saing dari Raikkonen di tikungan bus stop pada salah satu lap.

Baca juga:
Meskipun Ricciardo berhasil meraih podium, rekan setimnya sekaligus pebalap tuan rumah yakni Max Verstappen gagal finish akibat kerusakan teknis pada mobilnya. Hal serupa ditemui pada Pascal Wehrlein (Sauber), Fernando Alonso (Mclaren) dan  Sergio Perez (Force India). Dalam balapan itu, Perez dan Esteban Ocon yang merupakan rekan setimnya sempat bertubrukan di bagian Eau Rouge sehingga menimbulkan debris pecahan mobil dan ban dari Ocon copot karena bersenggolan dengan mobil dari Perez.

Akibat hasil ini, poin pertarungan antara Hamilton dengan Vettel hanya berselisih 8 poin saja. Vettel masih memimpin klasemen pebalap dengan 220 poin dan Hamilton duduk di tempat kedua dengan 213 poin. Posisi ketiga diduduki oleh Valtteri Bottas dengan 179 poin dan Daniel Ricciardo hadir di tempat keempat dengan 132 poin. Seri selanjutnya akan berlangsung di Italia, tepatnya di Monza pada 1-3 September 2017 mendatang.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen