Jelang MotoGP Ceko, Legenda Balap Angel Nieto Meninggal Dunia

MotoGP


Otojatim (Brno)- Awan hitam kembali menaungi ajang balap motor MotoGP. Beberapa hari sebelum sesi latihan MotoGP Ceko yang akan digelar 4 Agustus 2017, legenda balap Angel Nieto menghembuskan nafas terakhirnya.

Mantan pebalap asal  Spanyol ini meninggal pada 3 Agustus 2017 karena kecelakaan di Ibiza, Spanyol. Ayah dari pebalap Pablo dan Fonsi Nieto ini mengalami koma setelah ditabrak mobil saat mengendarai motor roda 4 (ATV) hingga terlempar dari motor. Sesaat setelah terlempar, ia langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.  Sayangnya, nyawanya tidak tertolong akibat kondisi kesehatannya memburuk hingga juara dunia 13 kali ini dinyatakan meninggal dunia. Ini merupakan kejadian kedua selama tahun ini setelah legenda balap MotoGP lainnya, Nicky Hayden meninggal pada 22 Mei di Italia juga akibat kecelakaan.

Mengenai dirinya, Angel lahir pada  25 Januari 1947 di Zamora, Spanyol. Masa kecilnya dihabiskan di Madrid dan Ibiza yang notabene tempat dimana Angel mengembuskan
nafas terakhir karena kecelakaan ATV. Ia menjadi pebalap Spanyol pertama di dunia yang meraih 13 kali kemenangan (pada berbagai kelas seperti 50cc dan 125 cc) di kejuaraan Grand Prix dunia.
Angel sangat menyukai motor dan pernah bekerja sebagai montir di Madrid saat usia muda hingga dirinya bertekad untuk menjadi pebalap muda sampai pindah ke Barcelona demi meraih cita-citanya.

Debutnya mulai di Ducati tapi tidak begitu bagus hasilnya. Hingga pada suatu saat Angel pindah pabrikan Spanyol yaitu Derbi dimana dirinya berhasil menjadi juara dunia pada usia 17 tahun.
Ia memang ajaib, dalam rentang 3 tahun (1964-1967) saja sudah menjadi juara dunia balap 50 cc meskipun membalap bukan pada tim pabrikan Derbi. Pada suatu saat, ia direkrut untuk membalap di tim pabrikan Derbi untuk membalap di tahun 1969 dan Angelpun meraih juara dunia lagi untuk keempat kalinya pada gelaran 50 cc. Hingga pada 1984, dirinya menjadi juara dunia di kelas 125cc dan Angel memutuskan pensiun di tahun 1986.

Pemilik nama lengkap Angel Nieto Rodan mebalap Grand Prix selama 186 kali selama kariernya. Ia mengoleksi 90 kemenangan dan 139 podium. Rekor kemenangannya ini menyamai pebalap legenda Giacomo Agostini hingga pebalap Yamaha, Valentino Rossi melewati rekor kemenangannya
pada 2008. Direncanakan akan ada penghormatan untuk legenda Angel Nieto sebelum balapan MotoGP pada 6 Agustus 2017 dengan mengheningkan cipta selama 1 menit. Selamat jalan, Angel Nieto semoga selamat sampai tujuan dan meraih kehidupan yang layak di surga sana.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen