Honda Perkenalkan Civic Type R Demi Kalahkan Toyota 86 Dan Mazda MX5

Civic Type R Giias
Civic Type R (Adinata Pramadya/Otojatim)

Otojatim (Tangerang)- Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus di Gedung ICE, BSD, Tangerang Selatan memang sangat spesial. Hal ini diwujudkan oleh kehadiran varian terakhir dari Honda Civic Turbo yang bernama Civic Type R. Model ini adalah Civic terkencang dari keluarga Civic Turbo FK8.

Civic Type R memang sebelumnya belum pernah dirilis resmi di Indonesia. Hanya saja ini adalah pertama kalinya mobil rakitan Inggris itu dipasarkan di tanah air secara resmi oleh Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda.


"Model ini akan memperluas line up Civic dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pelanggan di Indonesia sekaligus mengeluarkan DNA Honda sebagai mobil sporty," ujar Shinji Aoyama, Chief Operation Asian Honda Motor, Co. Ltd.

Civic Type R (Adinata Pramadya/Otojatim)
Mesin yang digunakan adalah 4 silinder berkapasitas 2000cc twin turbo yang mampu membuat daya 310 dk dan menghasilkan torsi sebesar 400 nm. Ia memang "jantan" karena memiliki transmisi 6 percepatan dengan 3 mode berkendara yakni +R, Sport dan Comfort. Pada eksterior, Civic Type R ini sudah memakai lampu depan LED dan menggunakan aerokit bergaya mobil balap touring. Untuk velg digunakanlah ukuran 20 inchi.

“Banyak teknologi yang dikembangkan di lintasan balap, yang pada akhirnya diterapkan pada mobil-mobil produksi Honda dalam mewujudkan karakter “fun to drive” tanpa menghilangkan karakter sport sejati,” kata Takehiro Watanabe, selaku Presiden Direktur PT HPM.

Tujuan dipasarkan mobil ini memang selain untuk melepas dahaga pecinta Honda akan kendaraan berperforma tinggi juga ingin mengalahkan Toyota 86 dan Mazda MX5 di kelas Japanese Sport Compact Car.

Sayangnya, harga yang ditawarkan yakni Rp 995 juta dianggap terlalu mahal untuk memikat hati pecinta kendaraan Jepang asli (JDM, Japanese Domestic Market) maupun pelaku morning run untuk membeli mobil berkode bodi FK8 ini.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen