Formula 2 Tahun Depan Memakai Mobil Baru Bernama F2 2018

Formula 2 Media Service


Otojatim (Monza)- Formula 2 adalah nama baru untuk gelaran GP2 yang sudah dimulai pada 2005 silam. GP2 adalah ajang balap pembibitan para pebalap baru sebelum berlaga di ajang F1 dan balapan ini menggantikan Formula 3000 yang sudah tidak masuk diakal regulasinya akibat biaya yang tinggi.

Ajang balap ini melahirkan berbagai pebalap hebat salah satunya Lewis Hamilton yang menjadi juara dunia F1. Padahal pebalap  Inggris ini sebelumnya pernah menjadi juara GP2 untuk tim ART. Selain itu juga bekas rekan setimnya di Mercedes sekaligus juara dunia F1 2016, Nico Rosberg
menjadi orang pertama yang memenangkan GP2 musim 2005 juga merupakan rekan satu tim Hamilton di ART.

Pada 2016, ajang GP2 berubah nama menjadi Formula 2. Sebelumnya, ajang ini merupakan balapan pendukung untuk World Touring Car Championship dan  mengandalkan mobil balap buatan Williams dengan mesin Audi berkapasitas 1800 cc. Diselenggarakan oleh Motorsport Vision, balapan yang merupakan one make formula dengan satu merek ban dari Yokohama ini hanya bertahan dari 2009-2013.

Setelah sekian lama menggunakan mobil Dallara GP2/11 buatan tahun 2011, akhirnya balapan F2 menggunakan mobil baru untuk balapan musim 2018. Mobil ini nampak mirip dengan mobil lamanya meski beberapa hal seperti bagian aerodinamika diperbaharui di beberapa sektor. Bagian sayap depan lebih tajam, diffuser plus perangkat keamanan Halo digunakan untuk menahan pebalap dari ancaman kecelakaan.

Mobil yang berkode F2 2018 ini menggunakan mesin berkapasitas 3400 cc turbo. Mesin yang dibuat oleh Mechacrome ini memiliki tenaga sebesar 620 dk dan mampu meraih top speed 330 km/jam. Sedangkan bagian ban akan disuplai oleh Pirelli.

Meski banyak kalangan menilai dengan adanya Halo tampang F2 ini sama jeleknya dengan F1 tapi patut ditunggu aksinya untuk balapan musim 2018. Ajang GP2 akan kembali berlaga di Monza,Italia pada 2-3 September 2017. Selanjutnya pada bulan Oktober akan menjadi balapan pertama bagi F2 karena balapan one make formula ini menyambangi sirkuit Jerez, Spanyol sebagai seri utama. Adapun sebagai seri akhir akan berlangsung di Abu Dhabi pada akhir November.  
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen