F2 Belgia, Sean Gelael Bisa Tes Drive F1 Meski Finish ke-15 dan Ke-17 Di Dua Race Berbeda

Russian Time


Otojatim (Spa)- Keberuntungan menimpa Sean Gelael dimana pebalap Indonesia ini akan mengikuti aktifitas tim balap F1 Scuderia Toro Rosso pada 4 balapan sekaligus yakni di Singapura, Malaysia, Amerika dan Meksiko. Ia akan menjadi pebalap ketiga alias pebalap sesi latihan pertama tiap
serinya dan anak dari pereli Richardo Gelael ini akan menjadi pebalap kedua Indonesia yang aktif di F1 setelah Rio Haryanto di Manor pada 2016 lalu.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membuat ini posibel dan yang terpenting kepercayaan yang mereka tunjukkan pada diri saya," kata Sean seperti dikutip oleh Konfrensi Pers milik Toro Rosso di Belgia pada Senin sore (28/8). "Suatu kehormatan bisa melaju di Formula 1, dimulai di Singapura dan Malaysia, dua tempat yang sangat dekat dengan negara asal saya, Indonesia,”. "Saya akan menggunakan kesempatan untuk menyerap segala sesuatu yang saya dapat dan belajar sebanyak mungkin,” ucap pembalap berusia 20 tahun ini.

Sementara bagi tim principal Toro Rosso yakni Franz Tost, ia dianggap menjadi pebalap yang aktif untuk mendukung perkembangan tim selama musim 2017. "Selama tes di Bahrain dan Budapest Sean tampil sangat baik, membantu tim dengan sangat profesional, dengan pendekatan matang.” ungkap Franz. "Semua orang dalam tim terkesan dengan penampilannya, pemahaman teknis dan komitmennya,” "Karena itu, kami senang dia akan mengendarai sesi FP1 untuk kami di empat grand prix ini. Saya yakin dia akan melakukan pekerjaan yang sangat baik dan bermanfaat bagi tim,” pungkasnya.  Sean sendiri menjadi tester di beberapa sesi pengetesan tepatnya di Bahrain dan Hungaria. Setelah seri Meksiko, pebalap tim Arden ini akan menjadi tester di sesi pengetesan terakhir di Abu Dhabi tepatnya setelah seri terakhir di bulan November mendatang.

Akan tetapi, pada balapan Formula 2 di Spa pada 26-27 Agustus ini dirinya harus puas berada di posisi ke-15 di balapan pertama dan ke-17 di balapan kedua. Hal ini disebabkan karakter sirkuit yang sangat sulit sehingga Sean kesulitan menentukan settingan aerodinamika mobil. Soal Sean kenapa bisa duduk di posisi ke-15 pada balapan pertama terjadi akibat ada dua pebalap terkena hukuman.

Pada balapan pertama pada 26 Agustus, hasil balapan mendadak berubah akibat pemenang Charles Leclerc dari tim Prema dan Oliver Rowland dari Dams terkena hukuman akibat steward melihat kejanggalan pada kedua mobil yang digunakan. Keduanya dikenai hukuman 5 detik setelah diketahui ketika papan pelapis lantai pada mobil sengaja di tipiskan demi meringankan bobot mobil saat berlomba. Hal ini membuat kemenangan Leclerc harus sirna sehingga posisi juara pertamanya berada di tangan pebalap Russian Time Antem Markelov. Adapun untuk posisi keduanya berada di tangan rekan setimnya yakni Luca Ghiotto dan rekan setim Leclerc dari Prema, Antonio Fuoco malah mendapat untung alias duduk di podium ketiga meski Leclerc harus gagal finish akibat diskualifikasi.

Sedangkan untuk balapan kedua pada 27 Agustus, Sergio Camara dari tim MP Motorsport berhasil juara setelah mengakhiri perlawanan dari pebalap Racing Enginerring Nick De Vries dengan gap 0,623 detik. Sementara itu, Ghiotto kembali meraih podium setelah duduk di posisi ketiga akibat mengakhiri perlawanan dengan pebalap tim Arden, Norman Nato.

Dengan hasil ini, Leclerc tetap berada di puncak klasemen dengan 218 poin. Oliver Rowland sendiri tetap berada di tempat kedua dengan 159 poin dan Antem Markelov duduk di tempat ketiga dengan 150 poin.  Para pebalap F2 tidak akan beristirahat, karena balapan selanjutnya pada 1-3 September mendatan akan bergulir di Italia. Mampukah Markelov bisa menggeser posisi Rowland di posisi kedua klasemen pebalap? Mari kita nantikan dua balapan selanjutnya di Monza mendatang.    
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen