BMW E25 Turbo, Mobil Konsep Eksotis Pertama dari BMW

BMW E25 Turbo
BMW E25 Turbo (Foto:Istimewa)

Otojatim (Munchen) - Banyak orang mengira mobil ini adalah nenek moyang dari supercar BMW. Hal ini dikarenakan bagian moncongnya sangat familiar bagi sebagian penggemar mobil. Akan tetapi, ada bagian eksotis dari mobil ini yang akan menjadi panutan untuk pabrikan rivalnya, Mercedes Benz untuk membuat supercar GT pertamanya yakni SLS. Mobil ini adalah BMW E25 Turbo.


Mobil ini dibuat sebagai mobil konsep untuk memperingati pesta olahraga sedunia Olimpiade yang saat itu dihelat di Jerman pada 1972. Didesain oleh desainer Paul Bracq, E25 Turbo menggunakan sasis modifikasi dari BMW 2002 plus menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 2000 cc bawaan dari 2002 Turbo.

Istimewa
Tampangnya memang futuristik alias melewati zamannya yakni 1972 dengan pintu gullwing plus aspek keselamatan yang sudah dilengkapi side impact beam, monitor keamanan untuk memantau jarak pengereman dan penahan guncangan berbahan busa untuk mengurangi efek tabrakan di bagian depan-belakang mobil.

Baca juga:
Pintu gullwing yang dibuat sungguh eksotis dan membuat pabrikan lain berlomba-lomba untuk membuat pintu seindah dari E25 Turbo. Untuk bagian eksterior, mobil ini sangatlah sporti dengan desain mengotak plus tampilan gagah khas pabrikan asal bavaria ini. Soal pembuatan, hanya dua mobil yang dibuat demi kepentingan pameran di beberapa motorshow.

Tampilan dari E25 Turbo ini nantinya akan dipakai oleh supercar produksi pertama BMW sekaligus produk pertama dari divisi performa tinggi mereka yakni M Peformance bernama M1 dan setelahnya seri 8 pertama akan menggunakan bahasa desainnya untuk mobil bernomor kode E31 itu. Secara teknis, E25 Turbo merupakan model eksotis pertama dari pabrikan Bavaria ini dan menjadi benchmark untuk mengembangkan produk beresensi sporti pada generasi masa depan dari BMW.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen