Sukses Berjaya Di Amerika, Honda NSX GT3 Siap Berlaga Di Eropa Tahun Depan

Acura


Otojatim (Milan)- Super GT adalah tempat dimana mobil ini bersinar, yup mobil yang dimaksud adalah Honda NSX. Gelaran yang dahulu dikenal dengan nama All Japan GT Championship ini membuka 2 kelas berdasarkan tenaga mobil yakni kelas GT 500 dan GT 300. Pada GT 500, NSX hadir untuk menantang Nissan GTR dan Lexus LC500. Pada tahun ini, NSX bersinar di 3 balapan yakni di Okayama, Autopolis dan Sugo. Karena prestasinya yang begitu mentereng ini, Honda berniat mengembangkan NSX untuk terjun di balap dunia yakni GT3.

Dengan bantuan tim balap AS Motorsport, Milan, Italia dan tim balap kenamaan Honda yakni Mugen, Honda membuat NSX GT3 supaya bisa bersaing dengan Ferrari 488, Lamborgini Huracan dan tentunya musuh bebuyutannya, Nissan GTR. Berbeda dengan versi Super GT yang menggunakan mesin 4 silinder segaris, maka NSX GT3 tetap mengoptimalkan mesin utamanya yakni V6 berkapasitas 3500 cc twin turbo.

Acura


Adapun untuk gearboxnya menggunakan sekuensial 6 percepatan. "Kami sangat bangga dapat meluncurkan NSX GT3 Customer Racing Program. Dengan dukungan pelanggan, JAS Motorsport, Mugen dan HPD kami berharap dapat melihat NSX berkompetisi untuk menang dalam balapan bergengsi dunia GT3 pada 2018," ujar Robert Watherson, Head of Motorsport Honda Motor Europe
via sportcar365. Mobil ini sudah mengalami uji coba dengan berjalan jauh dengan jarak tempuh lebih dari 85.000 km. Ada beberapa unit yang sudah dipakai balap dan salah satunya dipakai oleh tim Michael Shank Racing di Amerika Serikat dalam ajang Continental Tire Road Racing dan Weathertech Sportcar Championship di kelas GTD. Mereka meraih kemenangan di sirkuit Belle Isle, Detroit di seri ke-5 dan Watkins Glen pada seri ke-6 dalam Weathertech Sportcar. Kedua kemenangan ini diraih berkat kerjasama duet pebalap Andy Lally dan Katherine Legge.

Adapun untuk aerokit nampak berbeda dengan versi Super GT karena bodi masih mempertahankan wujud aslinya bukan mirip mobil balap turing Jerman (DTM). Untuk bagian bodi dan mesin dibangun bersama di Ohio, Amerika Serikat.  Untuk alokasi unit awal ada 12 unit yang akan beraksi mulai 2018 di berbagai ajang balap. Untuk banderol harga sendiri, 1 unit NSX GT3 ini dibanderol Rp 7,3 milyar dan mobil ini sudah lulus uji inspeksi FIA demi bisa balapan di berbagai ajang GT3 seluruh dunia.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen