ABT S5, Berjalan-jalan Dengan Mobil Sleeper Bertenaga 425 Dk

ABT


Otojatim (Ingolstadt)- Kita mengenal AMG sebagai divisi modifikasi dari Mercedes Benz dan M sebagai Divisi modifikasi dari BMW. Nah, untuk Audi divisi mobil high peformance adalah S yang bila diartikan adalah varian terkencang dari mobil berlogo 4 cincin ini. Salah satu produk dari divisi S untuk melawan BMW M5 dan Mercedes AMG E43 di kelas medium high peformance sedan adalah S5.

S5 terbagi atas dua varian yakni Coupe dan Cabriolet. Nah, mobil ini mampu menelurkan daya 354 dk dari mesin V6 berkapasitas 3000 cc twin turbo. Akan tetapi jika ada yang merasa "dikacangi" oleh M5 dan E43 di sirkuit, ada satu rumah modifikasi yang notabene setara dengan AMG karena didukung oleh pabrikan demi melahirkan varian S di tubuh Audi dan mereka ini punya prestasi yakni menjuarai ajang Formula E tahun 2016/2017 melalui pebalap Lucas Di Grassi. Mereka adalah ABT.

ABT


Rumah modifikasi yang dikelola oleh pebalap Daniel Abt ini memodifikasi A5 supaya bisa jalan-jalan (turing) sekaligus bisa berlari kencang. Sebelum menengok sisi dapurpacunya, mari tengok sisi eksterior mobil ini. Tidak seperti mobil modifikasi lainnya yang sudah mengadopsi bodykit "gondrong" layaknya mobil balap, ABT S5 ini hanya menggunakan velg ABT yang sudah disesuaikan. Adapun untuk ukuran 19 maupun 20 inchi bisa menggunakan ABT DR dan ABT ERC sedangkan velg ABT FR dan ABT GR hanya tersedia dalam ukuran 20 inchi saja. Sedangkan untuk interior sendiri beberapa bagian sudah dibordir dengan lambang ABT dan dibalut kulit berkualitas tinggi.

Mobil ini bisa dibilang sleeper (mobil standar dengan peforma tinggi) karena tidak banyak ubahan pada eksterior meski insinyur ABT masih merancang aerokit untuk kedepannya tapi ubahan pada sektor mesin adalah highlight utamanya. Tenaga dasar dari S5 yang mencapai 354 dk didongkrak 20% menjadi 425 dk dan mempunyai torsi sebesar 550 nm. Hal ini membuat ABT S5 berada di bawah RS5 yang punya tenaga 450 dk (ABT S5 tenaganya kurang dari 25 dk lagi agar setara dengan RS5). Untuk top speed sendiri bisa diatas 250 km/jam dan punya akselerasi mencapai 4 detikan untuk 0-100 km/jam. Dengan ubahan ini, ABT S5 bisa digunakan untuk turing atau jalan-jalan karena mobil ini menggunakan atap terbuka dan bisa digunakan untuk trackday di sirkuit karena memiliki tenaga diatas 400 dk.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen