WRC Polandia, Hyundai Juara Di Negeri Putih Merah

Hyundai menang WRC Polandia
Hyundai jawara WRC Polandia 2017

Otojatim (Mikolajki)- Reli Polandia yang digelar pada awal Juli (1-2/7) memang merupakan salah satu reli berbahaya di kejuaraan dunia reli (WRC).  Hal ini dikarenakan banyaknya rintangan yang terdapat di beberapa SS. Beberapa pereli mendapat masalah di dalamnya hingga ada satu penguasa di negeri putih merah ini.

Karena ajang ini, beberapa bintang WRC  sekaligus tim-tim besarnya tidak ada yang tampil pada gelaran festival motorsport Goodwood Festival Of Speed di Inggris akibat bentrok jadwal.

Dalam ajang tertua di kancah reli dunia ini (digelar pada 1921), tim Ford M Sport mendapat malapetaka akibat kedua perelinya sempat mengalami kecelakaan di dua Special Stage (SS) berbeda. Sebastian Ogier dan Ott Tanak gagal mendapat peforma maksimal karena kecelakaan hingga keduanya bangkit via aturan Super Rally ( tim boleh perbaiki mobil tapi pereli harus turun posisi.).

“Saya menekan dengan maksimal. Persimpangan jalan di etape terakhir (hari kedua) sangat ekstrem, sangat sulit. Saya sudah mencoba menggunakan semua jalan.” ungkap pereli Estonia itu via Autosport.

Sejak awal, pertarungan sudah seru akibat banyak pergantian posisi terdepan sampai beberapa pereli mengalami malapetaka karena SS dan cuaca hujan yang membuat lintasan menjadi licin. Membuat medan gravel yang dilewati pereli menjadi berlumpur.
Mendapat durian runtuh, para pereli Hyundai seperti Thierry Neuville dan Hayden Paddon langsung menguasai lomba hingga keduanya mampu mendulang poin penuh bagi tim asal Korea ini. Neuville berhasil memenangi reli Polandia ini sekaligus melakukan hattrick 3 kemenangan di musim 2017.

"Saya sangat senang. Beberapa seri terakhir kami memang bisa tampil cukup kuat. Kami kini memangkas jarak dari Ogier dan ini adalah raihan yang bagus," beber Neuville seperti ditulis Motorsport. Adapun untuk Ogier, dirinya harus puas duduk di tempat ketiga setelah mengalahkan pereli Hyundai lainnya yakni Daniel Sordo. Hyundai gagal mendominasi podium 1-2-3 karena Ogier.

Meskipun memimpin klasemen pereli dengan 160 poin, Ogier tidak bisa besar kepala karena Neuville siap menyalipnya jika menang lagi di Grand Prix-nya WRC  saat reli bergengsi di dunia ini akan merambah Finlandia pada akhir bulan Juli mendatang. Pereli Belgia ini berada di tempat kedua dengan 149 poin.

Adapun di tempat ketiga dihuni Jari Matti Latvala dari Toyota dengan 112 poin. Sedangkan untuk kejuaraan konstruktor, tim Ford memimpin dengan 259 poin, disusul oleh Hyundai dengan 237 poin, Toyota dengan 153 poin dan Citroen dengan 117 poin.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen