WRC Finlandia, Esapekka Lappi Berjaya Di Grand Prix Of Rally

rally 1000 danau
Toyota Gazoo Racing WRC

Otojatim (Helsinki)- Inilah salah satu seri balap World Rally Championship yang sering orang kenal. Yup, tiap special stage yang digelar memiliki karakter berkecepatan tinggi dan memiliki panorama alam menarik tiap kali digelar. 


Beberapa kali ajang ini dimenangi pereli-pereli tuan rumah dan kesemua kelas dari WRC mulai dari WRC, WRC2 dan WRC3 dihelat sekaligus dalam satu seri hingga banjir peserta sejak pertama kali diselenggarakan pada 1951 silam. Inilah gelaran Reli Finlandia yang dijuluki Grand Prix Of Rally.

Banyak nama yang notabene pereli tuan rumah berjaya di reli paling akbar sedunia ini seperti Marcus Gronholm, Juha Kankkunen, Hannu Mikkola dan Mikko Hirvonen juara di seri yang dikenal sebagai reli 1000 danau ini. Pada gelaran 2017 kali ini (29-30/1), jagoan tuan rumah berhasil menjadi
juara di tanahnya para pereli andal dunia ini.

Adalah pereli muda Esapekka Lappi bersinar di seri tuan rumah dan meraih kemenangan perdana di musim 2017. Ini adalah kemenangan kedua tim Toyota sejak reli Swedia yang dimenangi rekan setimnya Jari Matti Latvala. Sayangnya, juara reli Finlandia pada 2010, 2014-2015 ini harus gagal menjuarai reli akibat kerusakan kelistrikan mesin pada Yaris miliknya. Hal itu disayangkan Lappi karena dirinya ingin finish 1-2 bersama Latvala di reli Finlandia ini.

“Saya melihat mobil Latvala terhenti di lintasan dan sangat disayangkan. Saya tidak ingin memimpin seperti ini, dengan terhentinya Latvala. Saya senang jika memimpin catatan waktu dengan kemampuan, bukan karena lawan didepan saya mengalami kerusakan mobil,” ungkap pereli berumur 26 tahun itu via crash.

Kemenangan Lappi ini juga berbau keberuntungan karena pereli Ford M Sport,  Sebastian Ogier gugur karena mobilnya menabrak pohon dan menyebabkan suspensi belakang sebelah kanan hancur.
Sialnya, navigator Ogier yakni Julien Ingrassia mengalami shock dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat karena kecelakaan itu.

“Ketika memasuki tikungan saya terlambat menginjak rem, dan bagian belakang menghantam pohon,” ungkap pereli Perancis itu. M Sport kali ini hanya mengandalkan Ott Tanak dan Elfyn Evans saja untuk reli Finlandia pasca gugurnya Ogier karena kecelakaan.

Berniat gagalkan kemenangan perdana Lappi, mobil Fiesta milik Evans kurang cepat dalam power stage Ouninpohja sehingga dirinya gagal meraih kemenangan perdananya di kejuaraan reli dunia. Adapun untuk rekan setim Lappi sepeninggal Latvala yang gugur karena kerusakan kelistrikan mobilnya yakni Juho Hanninen berhasil finish ketiga dibelakang Evans.

"Luar biasa. Ini pencapaian yang luar biasa. Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya kemenangan ini, jadi inilah kejutan yang sangat besar. Terima kasih untuk seluruh tim yang membangun mobil terbaik dalam waktu singkat," ungkap Lappi.

Meskipun finish keenam, pereli Hyundai Thierry Neuville berkuasa di posisi pemuncak klasemen dengan poin sama seperti Sebastian Ogier yakni 160 poin. Ott Tanak sendiri berada di posisi ketiga dengan 119 poin dan diikuti Latvala dengan 114 poin duduk di posisi keempat. Reli Jerman akan menjadi seri selanjutnya pada 18-20 Agustus 2017.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen