Silverstone Tidak Perpanjang Kontrak, F1 Inggris Siap Pindah Lokasi

Sirkuit Silverstone stop gelar F1
Mercedes beraksi di Silverstone (istimewa)

Otojatim (Silverstone) - Di tengah gelaran balap mobil F1 Inggris yang akan dilaksanakan pada 15-16 Juni di Silverstone, ada satu berita duka yang menyelimuti sirkuit sepanjang 5,8  km ini yakni akan mundur menyelenggarakan balap jet darat itu pada 2019.


Sirkuit yang berdiri sejak 1950 di atas bekas bandara ini belum menampik kontrak baru untuk masa depan Grand Prix Inggris. Adapun pemilik Silverstone yakni British Racing Drivers Club (BRDC) siap memutuskan kontrak F1 setelah musim 2019.

"Dengan menyesal kami mengumumkan telah menyiapkan pemutusan kontrak dengan penyelenggara F1 yang saat ini dipegang oleh Liberty Media," kata Ketua BRDC John Hibah via  Autosport. "Ini berarti jika tidak ada pengaturan kontrak baru yang disepakati dengan Liberty Media, maka tahun 2019 akan menjadi tahun terakhir GP Inggris digelar di Silverstone," lanjutnya. Meskipun telah melakukan renovasi beberapa kali, tapi BRDC merasa pendapatan penyelenggaraan lomba balap ini belum mencapai target yang sesuai.
"Kami telah hampir selama 70 tahun mengelola Silverstone dan menjadi GP Inggris menjadi salah balapan besar di di dunia. Sederhananya, tidak layak secara finansial bagi kami untuk mengadakan GP Inggris sesuai dengan kententuan kontrak saat ini," beber John Hibah.

Beberapa kali, gelaran F1 Inggris berpindah-pindah tempat selain Silverstone yakni Aintree, Donington Park dan Brand Hatch. Adapun, Liberty Media siap melakukan hal ekstrim seperti menyelenggarakan F1 Inggris di ibukota negara, London jika Silverstone gagal memperpanjang kontrak setelah musim 2019.

Pihak Liberty Media siap melakukan parade mobil F1 disana sebagai promosi balapan GP Inggris 2017 dengan format seperti Goodwood Festival Of Speed pada 12 Juli ini dimana akan ada aksi demo mobil F1 diikuti berbagai hiburan sebelum balapan utama di 16 Juli 2017.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen