Sejarah BMW Seri 5, dari Generasi Pertama sampai Generasi Terakhir di 2017

generasi bmw seri 5
BMW Seri Lima dari generasi ke generasi 

BMW mungkin punya kisah tersendiri mengenai varian mereka yang dikenal cukup lama yaitu Seri 5. Varian ini dibuat eksklusif untuk menjawab rival abadinya, Mercedes-Benz E-Class.  

Seperti apa Seri 5 terbaru yang bakalan menginjak generasi ke tujuh? Minggu ini BMW Indonesia bakal perkenalkan generasi terbaru seri 5 yang konon punya konsep berbeda dibanding generasi sebelumnya. 

Sebenarnya BMW Seri 5 sendiri lahir dari penerusnya terdahulu. Seri 501, yang basisnya sendiri adalah sedan empat pintu yang dibuat untuk menyasar segmen eksekutif atau para bos-bos muda pada masa itu. Hal ini, membuat BMW Seri 5 selalu mendapatkan fitur-fitur yang tergolong canggih dan semuanya itu diturunkan dari kakaknya, Seri 7. 

Hal tersebut membuat BMW Seri 5 merupakan produk terlaris kedua setelah Seri 3. Bahkan, selama tahun 2010, menjadi tulang punggung penjualan BMW di seluruh dunia. 50 % penjualan dikuasai oleh Seri 5. 

bmw seri 5 generasi pertama
Generasi pertama sekaligus platform baru bagi Seri 5 
Generasi Pertama dari Seri 5. 

Generasi pertama ini dikenal dengan nama Seri 5 E12. Dimana model perdana ini masih sederhana sekali. Bisa dibilang desain mewahnya sudah terlihat. Ini membuat sedan berkode E12 tersebut begitu mewah di eranya. Untuk melihat perbedaannya, terlihat dari gril yang lebih panjang serta lampu belakang yang mengotak. 



BMW Seri 5 E28 Generasi Kedua 

Generasi kedua dari sedan medium ini punya banyak perubahan dari segi eksterior dan interior. Bisa terlihat dari revisi bumper lalu lampu sampai penambahan transmisi yang sebelumnya tersedia manual kini disediakan transmisi otomatik. 

bmw seri 5 generasi kedua

BMW Seri 5 E34 Generasi Ketiga

Generasi ketiga ini, sebenarnya banyak sekali fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang hadir di model ini. Diperkenalkan pada tahun 1988, membuat mobil ini dibilang paling aman. Karena sudah tersedia ABS dan juga Elecotronic Stability Control.


bmw seri 5 generasi ketiga
Desain yang sederhana membuat Seri 5 ini masih banyak gemari

BMW Seri 5 E39 Generasi keempat 

Kali ini BMW perkenalkan model ini sebagai generasi dengan penggunaan aluminium pada mesin mereka. Tentunya, dikenal dengan nama VANOS atau Double VANOS. Apalagi, model ini sudah diperkenalkan airbag untuk tirai atau disebutnya Curtain airbag. 
Bahkan mereka kenalkan steptronic pada facelift-nya. Sehingga, pertama kalinya dia gunakan teknologi terbaru ini. Karena itu, fitur ini mulai hadir di mobil-mobil produksi mahal di bawahnya.

bmw seri 5 generasi keempat
Model ini paling sering seliweran di Indonesia 
BMW Seri 5 E60 Generasi kelima 

Kalau sebelumnya sudah diperkenalkan mesin dengan bahan aluminium. Kali ini BMW mulai mengenalkan desain yang terbilang berbeda dari yang lain. Malah mengesankan kalau BMW sudah membuang jauh desain konservatif mereka, seperti garis kaku dan mengotak. 

Dengan bentuk yang membulat bahkan terkesan besar sekali. DItambah mata elangnya menurut beberapa konsumen dirasa kurang tegas. Namun, satu sisi desain ini begitu digemari oleh anak muda sekarang ini. Entahlah, cuma model ini begitu banyak sekali fiturnya mulai adaptive cruise control sampai iDrive pun diperkenalkan di Seri 5. 

bmw seri 5 generasi keenam
Model terlaris dari generasi Seri lima lainnya
BMW Seri 5 F10 Generasi keenam 

Kalau ini, merupakan model paling laris dan disukai oleh semua konsumen. Bagaimana tidak digemari, kalau melihat bentuknya lebih berotot dan kesan aneh dari headlampnya pun diganti. Malah, varian ini lebih menunjukkan kesan sporty dan maskulin ketimbang versi sebelumnya yang eksentrik. 

bmw seri 5 generasi ketujuh
Model terbaru yang dibilang miniaturnya Seri 7 
BMW Seri 5 G30 Generasi ketujuh

Generasi ini yang ditunggu oleh semua orang. Termasuk konsumen Indonesia yang pertama kalinya akan berjumpa langsung dengan sedan premium tersebut. Bisa dibilang beragam fitur baru akan hadir di Seri 5 G30. Apalagi, bentuknya sedikit mirip dengan Seri 7. 


Infografis sejarah BMW Seri 5 di Indonesia





Namun seperti apa kehadirannya di Indonesia? tunggu kabarnya di otojatim.com 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen