Pimpin Klasemen Paruh Musim, Sebastian Ogier tes mobil F1 Red Bull

Sebastian Ogier
Sebastian Ogier (istimewa)

Otojatim (Spielberg)- Sebastian Ogier adalah pereli tim M Sport Ford yang memimpin gelaran reli dunia (WRC) sampai dengan paruh musim pertama. Pereli Perancis ini memimpin dengan 160 poin dan dirinya dikuntit pereli Hyundai, Thierry Neuville dengan 149 poin. Karena dirinya berhasil menjadi juara paruh musim pertama, sponsor utamanya yakni Red Bull memberikan hadiah untuk jawara WRC 4 kali beruntun itu (2013-2016).

Yaitu mencoba mobil balap F1 Red Bull di sirkuit Red Bull Ring, Austria dengan mobil balap berkode RB7. Mobil RB7 adalah mobil balap F1 bermesin Renault V8 yang membawa Sebastian Vettel menjadi juara dunia sekaligus juara konstruktor untuk musim 2011.



"Ogier perlu adaptasi lebih ketika mengemudikan mobil F1," ungkap mantan pebalap sekaligus duta Red Bull Racing, David Coulthard via Autosport. "Ia harus bisa menahan g force (gaya gravitasi) pada mobil balap F1 sekaligus bisa bergerak di kokpit mobil yang sempit" ungkap mantan pebalap Mclaren itu.

Ogier dulu mengidolakan seorang Ayrton Senna dimana dirinya tidak ingin menjadi pereli WRC, melainkan pebalap F1. Setelah menunggu agak lama, dirinya pun akhirnya mendapat kesempatan menyetir mobil F1 meskipun hanya tes saja pada Juni lalu sebelum Grand Prix Austria digelar pada tempat yang sama.

Sebelumnya, ada Sebastian Loeb yang sempat mengetes mobil F1 Red Bull tapi nasibnya berbeda. Mantan juara dunia WRC ini sempat mengebut bersama mobil Red Bull F1 di sesi tes akhir musim 2008 plus sempat ikut sesi tes bersama Renault F1 pada 2007.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, berada di mobil Formula 1. Ini sensasi luar biasa saya belum pernah merasakan sebelumnya, walaupun mobil ini sangat cepat tetapi nyaman berada di dalamnya,” ungkap Ogier.

Dirinya tidak ingin seperti Loeb yang sempat berkeinginan menjadi pebalap ketiga tim berlogo banteng merah itu tapi dirinya masih enak berlaga di reli karena memiliki tantangan tersendiri. Ngomong-ngomong untuk seri selanjutnya, tanggal 30 Juli akan menjadi pertempuran sengit dimana WRC memasuki seri kesembilan yang akan bergulir di Finlandia.

Sebagai Grand Prix-nya WRC, Ogier akan bertempur habis-habisan demi mempertahankan poinnya dari kejaran Neuville, mampukah Ogier bisa juara di negerinya para pereli? Kita nantikan saja.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen