Nismo 400R, Nissan Skyline Buatan Nismo Yang Melegenda

Nissan Skyline Nismo400R
Nismo 400R

Para pemain Playstation 1 yang masih ingat zaman-zaman bermain Gran Turismo pasti tidak akan melupakan jasa mobil ini. Pasalnya mobil yang satu ini selain kencang juga membuat para pemain gatal bermain lama demi berkencan dengannya. Mau tau nama mobil ini? Ia adalah Nismo400R.

Otojatim (Tochigi) - Dibangun oleh divisi motorsport Nissan, Nissan Motorsport membuat mobil ini menjadi yang tercepat di klan Skyline R33. Mobil ini dibuat pada 1997 setelah mobil 270R yang berbasis dari Silvia S14 pada 1994. Pabrikan asal Jepang ini menguasai dunia modifikasi Jepang sekaligus menjadi rumah modifikasi pabrikan terbaik di negeri matahari terbit. Nismo pun menjual 270R dengan jumlah 30 unit dan Nismo 400R dibuat hanya 44 unit saja.

Nismo 400R sendiri dibangun berdasarkan 44 Skyline GTR R33 yang dimodifikasi. Adapun untuk bagian eksterior diberikan aerokit bernama N1 dan terbagi atas bumper set, lip spoiler, spoiler,stripping, kap mesin dan air guide. Bagian kap mesin sendiri dibuat dengan bahan karbon fiber supaya bisa menyerap panas dari mesin.



Untuk bagian velg menggunakan buatan Nismo yang memiliki offset 18×10.5- inchi sesuai keperluan balap ketahanan dunia, Le Mans. Adapun untuk rem menggunakan merek Brembo dengan kampas rem dan piston menggunakan Nismo. Tingkat pengereman sendiri bisa menghentikan mobil diatas tenaga 400 dk dalam beberapa detik saja.

Dalam bagian interiornya, Nismo sudah memasang jok bucket plus stir balap. Adapun untuk klakson diberikan bunyi khas sebagai penanda kalau mobil ini adalah 400R, bukan Skyline biasa.

Mengapa dinamai 400R? Jawabannya adalah dapurpacunya yang mengalami perubahan nama dari RB26 ke RBX. Mesin ini memiliki 6 silinder segaris twin turbo dan telah dilakukan bore stroke pada kapasitasnnya. Sehingga dari tadinya 2600 cc menjadi 2800 cc dan tidak hanya itu saja, mobil ini memiliki turbo besar yang membuat tenaga asli R33 Skyline dari 280 dk mampu meningkat ke 400 dk.

Bagi yang belum mengetahui, Nismo 400R sudah ada yang punya di Indonesia dan sempat ngegas di salah satu acara trackday di Sentul. Indonesia patut berbangga dapat unit terlangka di klan Skyline R33 ini karena Nismo 400R merupakan salah satu Skyline R33 terbaik di masanya sekaligus terbaik di dunia.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen