Lotus Evora GT430, Trackcar terbatas dari Lotus

Dok: Istimewa



Otojatim (Norfolk)- Lotus Evora merupakan salah satu sportcar yang memiliki popularitas lumayan. Meskipun di Indonesia merek Lotus sudah tidak ada yang menjual mobilnya, tapi di luar negeri sana masih banyak pengguna mobil asal Inggris ini dikarenakan reliable untuk kepentingan trackday di sirkuit.

Baru-baru ini, pabrikan mobil yang terkenal di ajang balap F1 itu meluncurkan varian terbatas dari Evora dengan nama GT430. Dibuat sebanyak 60 unit saja di seluruh dunia, Evora ini merupakan yang teringan karena memiliki bobot 1258 kg. Wujud eksteriornya sendiri memang sangat mirip mobil balap GT4 dimana sudah dilekatkan aerokit berbahan karbon fiber yang tersemat di bumper depan-belakang, sayap belakang, air intake, dan diffuser. Kesemua piranti aerokit ini membuat Evora bisa melahirkan handling  sebagus mobil balap GT4. Pada bagian ban sudah tersemat Michelin Pilot Sport Cup berprofil  245/35 R19 untuk bagian depan dan 295/30 R20 untuk roda belakang.


Adapun untuk dapurpacu menggunakan V6 berkapasitas 3500 cc supercharger dengan tenaga 430 dk pada 7000 rpm dan memiliki torsi 440 nm pada 4500 rpm. Untuk akselerasi sendiri bisa mencapai 3,8 detik untuk 0-100 km/jam dan top speednya adalah 305 km/jam. Lotus memang tidak mementingkan kemampuan tenaga dan top speed melainkan keringanan bobot supaya bisa menghasilkan akselerasi dan handling maksimal ketika dipacu di lintasan berkelok-kelok.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen